Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar rapat koordinasi (rakor), dan dibuka Bupati HSS, H Achmad Fikry.

"Kami mengapresiasi rakor TP PKK HSS ini, demi menguatkan sinergi TP PKK kabupaten dengan kecamatan dalam menjalankan program-programnya," kata Fikry, dalam sambutan, di pendopo bupati, Kandangan, Kamis.

Dijelaskan Fikry, tugas pemerintah dalam hal peningkatan kesejahteraan keluarga, ditopang oleh kegiatan PKK sebagai mitra pemerintah daerah.

Upaya bersama dilakukan untuk menurunkan angka stunting, dan menekan kematian ibu dan bayi pada saat melahirkan.

Baca juga: PKK Kalsel lakukan pembinaan optimalisasi 10 program pokok

Ketua TP PKK HSS, Hj. Isnaniah Achmad Fikry, berpesan agar rakor ini menjadi momentum yang tepat untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan PKK, agar semakin dekat keberadaannya bagi masyarakat.

“Saya berharap peran aktif seluruh peserta, para pengurus tingkat kabupaten, kecamatan dan desa atau kelurahan, memberikan bimbingan, pembinaan, dan fasilitasi yang berkelanjutan," ujar Isnaniah.

Bimbingan dilakukan kepada kader-kader PKK, termasuk kader dasawisma, karena kepada merekalah sesungguhnya terletak fungsi kinerja dan program-program PKK.

Lebih lanjut Isnaniah mengungkapkan, sebagai mitra pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, PKK harus menyusun program kerja yang terencana dan tepat.

"Sehingga hasil yang dicapai akan menyatu dengan program pemerintah daerah, dan melalui rakor ini kita dapat mengevaluasi program kerja terdahulu untuk selanjutnya diperbaiki dan disempurnakan," ucap Isnaniah.

Baca juga: Ketua TP PKK HSS harapkan tadarus Al-Qur'an berkelanjutan, tidak hanya Ramadhan

Adapun tujuan rakor untuk memantapkan kelembagaan atau kesekretariatan yang berkenaan dengan Program Kerja TP PKK Kab HSS, mengintensifkan penyuluhan dan sosialisasi pada masing-masing pokja serta meningkatkan singkronisasi koordinasi ketua Pokja I – IV se-HSS.

Jumlah peserta rakor 250 orang terdiri atas pengurus TP PKK kabupaten, ketua TP PKK kecamatan beserta sekretaris, serta ketua TP PKK desa atau kelurahan.

Dalam rangkaian acara juga dilakukan launching aplikasi SIAPKK Sehati oleh Bupati HSS. Aplikasi SiaPKK Sehati merupakan aplikasi untuk membantu pengelolaan sistem informasi dan data TP PKK HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023