Komunitas sepeda tua Indonesia (Kosti) Kalimantan Selatan, sudah memilih ontelis terbaik untuk diikutkan dalam lomba ontelis nasional yang dijadwalkan berlangsung di Bandung, Jawa Barat, Juli 2023 mendatang.

Ketua Kosti Kalsel, Mohammad Ary di Banjarmasin, Kamis menyebutkan terpilihnya ontelis Kalsel tersebut terseleksi melalui Porda Kalsel yang dilaksanakan Minggu, 21 Mei 2023.

Baca juga: Kosti Banjarmasin seleksi ontelis untuk ikuti Porda

Saat Porda Kosti Kalsel seluruh Kosti Kabupaten dan kota diundang meramaikan seleksi tersebut, dan ada lima wilayah yang mengirimkan pesertanya, yaitu selain Kosti Banjarmasin, juga ada Banjarbaru, Barito Kuala, Tanah Bumbu, dan Kosti Kabupaten Balangan. 
Yang dipertandingkan dalam Porda Kalsel tersebut, selain beregu, juga ada sepeda ontel cepat, putra dan putri, dewasa dan remaja, juga ada sepeda ontel lambat, putra dan putri, dewasa dan remaja.

Untuk beregu atau karnaval, terdapat lima regu yang bertanding untuk menempuh jarak sekitar 10 kilometer , atau enam putaran sekitaran jalan di kawasan kampus Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin.

Dalam lomba beregu ini ada beberapa kreteria yang dinilai oleh tiga dewan juri, selain ketepatan waktu, juga ada kekompakan, seragam, yel yel, dan dan atraksi saat start dan finis serta atraksi saat perjalanan.

Baca juga: Komunitas ontel, paling unik untuk mengekspresikan jiwa

Hasil dewan juri memutuskan regu Banjarmasin berhak juara pertama, kemudian regu Barito Kuala berhak raih juara kedua dan ketiga diraih regu Kabupaten Balangan. Dengan demikian regu Banjarmasin berhak mewakili Kalsel ke lomba Pornas.

Sementara lomba sepeda ontel lambat juara I Aulia Noor, II M Said III Syamsudin ).  Putra remaja I Irham Hidayatulah, II Ichsan, III Galang Al Fatih. Cepat putri dewasa I Ardea, II Rosita, III Isnawati, Cepat putri remaja I Nadia, II Nazia, III Aminah.

Untuk sepeda lambat putra dewasa I Andoko, II Abdi Demawan, III Firdaus, sepeda lambat putri I Andea, II Siti Hairiyani, III Isnawati. Lambat putra remaja I Anggie Julian, II Imam Hidayatullah, III Aldy Yulianto. Lambat putri remaja I Aulia, II Aisyiah, III Nadia.

Baca juga: Saban kirim pesepeda ke Fornas Palembang

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023