Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) Hulu Sungai Selatan (HSS) memastikan jumlah dari Jemaah Calon Haji (JCH) dari HSS sebanyak 309 orang, dan akan diberangkatkan dalam dua kloter yakni kloter 10 dan kloter 16.

"Jumlah JCH kita keseluruhan 309 orang, terbagi dua, kloter 10 sebanyak 209 dan kemudian yang kloter 16 itu 100 orang, jadi kita bergabung dengan Batola di kloter 10 dan berangkat tanggal 10 Juni 2023," kata Petugas Haji Daerah (PHD) H Hairani di Kandangan, Senin.

Baca juga: 308 Jamaah calon haji HSS ikuti manasik kemenag

Dijelaskan Hairani, pihaknya telah melakukan audiensi dengan Bupati HSS, H Achmad Fikry untuk persiapan dalam rangka mendampingi JCH dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan tahun 2023.

Dalam kesempatan audiensi, bupati berpesan kepada pihaknya untuk banyak komunikasi dengan jemaah, kemudian mendampingi dan memberikan edukasi kepada jemaah agar tidak ketergantungan dengan petugas atau bisa lebih mandiri.

"Kesehatan tadi disarankan agar mendampingi dan memantau para jemaah, karena banyak tahun ini yang lanjut usia (lansia) dan banyak resiko tinggi lainnya,” ucap Hairani yang bertugas sebagai pembimbing haji.

Baca juga: 310 calon jamaah haji di HSS jalani pemeriksaan kesehatan

Hal ini juga bersesuaian dengan dengan tema dan tagline haji tahun ini, "Haji Berkeadilan dan Ramah Lansia",  maka tim meminta arahan, bimbingan serta nasihat Bupati HSS untuk pelaksanaan tugas nantinya mendampingi jemaah.

Turut hadir dalam audiensi, Kabag Kesra HSS, H. Fajar Abdi, petugas pelayanan kesehatan, H Noryamin, TPHI, Bahrul Ilmi, Tenaga Kesehatan Haji Kloter (TKHK), Hidayatina, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Hendra.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023