Sebanyak 308 Jemaah Calon Haji (JCH) Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel), mengikuti manasik yang dilaksanakan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) HSS.

"Berdasarkan peraturan Kemenag, manasik bagi calon jemaah haji kita dilaksanakan 10 kali, dua kali oleh Kantor Kemenag HSS dan delapan kali di kecamatan," kata Kepala Kementerian Agama, H.M. Yamani, di pendopo kabupaten, Kandangan, Kamis.

Dijelaskan Yamani, tahun 2023 ini di HSS jemaah calon haji yang telah melunasi sebanyak 316 orang, namun yang mengikuti manasik hanya 308 orang.

Pengurangan jumlah tersebut terjadi karena sembilan orang meninggal dunia, 35 orang mengundurkan diri, serta dua orang tak terlacak lagi.

Baca juga: 382 guru PAI HSS ikuti ujian pemetaan kompetensi online

"Manasik ini kita lakukan dalam rentang waktu dari tanggal 8 sampai dengan 22 Mei 2023, sementara manasik di kecamatan akan dilaksanakan di empat tempat yang telah ditentukan," ujar Yamani.

Empat tempat tersebut, yakni di aula Kantor Kemenag untuk 115 jamaah Kecamatan Kandangan, di Masjid As-Su'ada untuk 75 orang jamaah dari Kecamatan Sungai Raya, Simpur dan Klumpang.

Kemudian, di Masjid Al-Husaini Bakarung untuk 34 jamaah yang berasal dari Angkinang, Telaga Langsat, Padang Batung dan Loksado, dan yang terakhir di Masjid Jami Sirajul Huda untuk 94 jamaah yang berasal dari Daha Selatan, Daha Utara dan Daha Barat.

Bupati HSS, H. Achmad Fikry, berpesan kepada jemaah calon haji agar benar-benar memurnikan niat dalam hati, untuk melaksanakan ibadah ini.

Baca juga: 310 calon jamaah haji di HSS jalani pemeriksaan kesehatan

Menurut Fikry, hal ini karena jemaah calon haji  yang datang adalah tamu Allah, maka datang bertamu semestinya sesuai dengan apa yang diinginkan oleh tuan rumah.

"Saya mengingatkan agar para jemaah bisa menjaga kondisi fisik, kesehatan jasmani dan rohani, sehingga bisa mengikuti seluruh kegiatan dengan lancar," ucap Fikry.

Selain itu, agar mulai sekarang belajar disiplin dalam mengikuti seluruh aturan tata pelaksanaan haji yang telah ditentukan, berkelompok dan banyak orang, serta supaya pandai mengendalikan ego masing-masing dengan penuh kesabaran.

Jemaah calon haji HSS keberangkatan tahun 2023 ini, dijadwalkan terbagi dalam dua Kloter, yakni kloter 10 yang akan masuk asrama haji pada tanggal 10 Juni 2023, dan sisanya yang akan tergabung dalam Kloter 16 masuk asrama haji tanggal 18 Juni 2023.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023