Legislator Kalsel H Risdianto Haleng mengatakan Sumber Daya Alam (SDA) serta sumber daya kelautan dan perikanan Kotabaru atau kabupaten paling timur Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) cukup potensial.

Pria yang juga sebagai Anggota DPRD Kalsel, asal daerah pemilihan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dan Kotabaru tersebut mengemukakan itu, usai sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Banjarmasin, Senin.

Menurut dia, melihat potensi SDA serta sumber daya kelautan dan perikanan tersebut masa depan "Bumi Sa-ijaan" Kotabaru dan "Bumi Bersujud" Tanbu cukup menggembirakan atau memberikan harapan yang menjanjikan.

Namun, lanjut Risdianto, pemanfaatan SDA serta sumber daya kelautan dan perikanan pada dua kabupaten bertetangga tersebut belum maksimal.

Sebagai salah satu contoh potensi sumber daya kelautan dan perikanan Bumi Sa-ijaan Kotabaru dan Bumi Bersujud Tanbu yang lautnya berbatasan Laut Jawa (Laut Indonesia), Laut Sulawesi dan Selat Makassar.

Contoh lain, perairan Kotabaru cukup potensial untuk pengembangan budidaya rumput laut yang berpotensi ekspor.

"Jadi tinggal bagaimana pembinaan dan pengembangan agar benar-benar mendatang nilai ekonomi," ujar Risdianto Haleng.

Pada kesempatan itu, Risdianto yang mau mencalon anggota legislatif pusat (DPR RI) mengapresiasi sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila oleh anggota DPRD Kalsel H Suripno Sumas tersebut.

Sebagai catatan dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel, Kotabaru yang juga berbatasan dengan Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan daerah terluas serta memiliki kekayaan SDA banyak lagi beragam.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023