Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menyediakan 1.000 mangkok bubur setiap hari untuk menjamu jamaah yang berbuka puasa selama bulan Ramadhan.

"Bubur yang kami sediakan diberi nama Bubur Sabilal, sebab cuma ada pada bulan puasa," ujar Ketua II Pengelola Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin H Nasrullah AR, Senin.

Menurut dia, panitia masjid mengeluarkan anggaran sebesar Rp6 juta setiap harin untuk menyediakan seribu mangkok bubur daging itu.

"Orang yang membuat bubur ini hanya ada satu. Setiap tahun beliau hanya bulan Ramadhan membuatnya hanya untuk masjid Sabilal," katanya.

Menariknya, kata Nasrullah, menu berbuka puasa bubur Sabilal ini sulit digantikan, karena kalau yang lain sering tidak habis.

"Kalau bubur ini selalu habis, hingga tidak mubazir, makanya tidak kita ganti-ganti lagi," paparnya.

Menurut dia, jamaah yang berbuka puasa di masjid kebanggaan orang Banjarmasin ini datang dari berbagai daerah, dan berbagai lapisan ekonomi, duduk bersama untuk menikmati menu berbuka puasa ini selain shalat.

"Banyak kegiatan yang diselenggarakan pengelola masjid pada Ramadhan ini, semuanya bertujuan untuk menyemarakkan dan membesarkan bulan suci Ramadhan penuh berkah ini," paparnya.

Kegiatan itu, kata Nasrullah, antara lain taraweh, dan subuh berjamaah dengan ceramah agama.

Ada juga pesantren Ramadhan yang diselenggarakan Angkatan Muda Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016