Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim dalam sambutan tertulisnya pada peringatan Hari Pendidikan Nasional di Tabalong,  menyebutkan Merdeka Belajar ini bertujuan para peserta didik mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

"Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar telah diluncurkan membawa kita makin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara berupa pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi siswa," Katanya  dibacakan Sekda Tabalong Hj Hamidah Munawarah  di Tanjung, Selasa.

Merdeka belajar ini bertujuan para peserta didik mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat. "Anak-anak bisa belajar lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri," jelas Nadiem 

Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya kini dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform rapor pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.  Mereka pun berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Mengajar.

Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

Sejalan dengan kurikulum merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

Nadiem mengatakan dari segi pendanaan, pencairan langsung dana Bantuan Operasional Sekolah dan Bantuan Operasional Pendidikan ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Sementara itu upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman Pendopo Bersinar Pembataan dipimpin Sekretaris Daerah Tabalong, Hj Hamida Munawarah, ASN , pelajar serta mahasiswa di 'Bumi Saraba Kawa' ini.

Hadir pula Dandim 1008/Tabalong, Letkol Czi Catur Witanto, Ketua DPRD H Mustafa dan Kapolres Tabalong, AKBP Anib Bastian.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023