Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan mengatakan pihaknya mengundang 500 buruh untuk ikut aksi memperingati Hari Buruh Se-Dunia (May Day) 2023. 

"Tujuan dari aksi ini yaitu untuk membangun kebersamaan bagi pekerja, pengusaha dan pemerintah,", ujarnya di Ran, Minggu. 

Baca juga: Disnaker Tapin beri jaminan 16 ribu buruh dapat THR 2022

Bentuk kegiatan yang digelar pada 1-2 Mei nanti, yaitu jalan santai berhadiah (umum), lomba yel-yel (perusahaan), bazar, fashion show (alumni BLK Tapin), hiburan hingga bakti sosial berupa sunat massal, donor darah, santunan. 

Baca juga: Sorot masalah buruh sawit PT KAP, DPRD Kalsel : Perbudakan di negara merdeka

"Kita upayakan, peringatan May Day bisa terarah kepada hal positif. Sehingga, tercipta kondisi hubungan industrial yang harmonis dan kondusif di Tapin," ujarnya. 

Melalui media ini, dia sangat berharap agar di momentum peringatan hari besar untuk buruh di seluruh dunia dapat diramaikan juga oleh buruh di Tapin. 

"Ada kurang lebih 16 buruh di Tapin. Ayo, ikuti dan ramaikan," ujarnya mengajak.

Jika melihat data Disnaker Tapin pada akhir 2021 lalu dicatatkan ada 110 nama perusahaan dengan serapan tenaga kerja 16.208 orang.

Dari 110 perusahaan tersebut, ada dua bidang usaha yang mendominasi serapan tenaga kerja, yaitu 35 perusahaan di sektor pertambangan batubara ada 5.095 buruh dan dari delapan perusahaan perkebunan 7.941 buruh.

Baca juga: Masalah buruh dengan PT KAP jadi perhatian serius DPRD Tapin
 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023