Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan menyampaikan sembilan cara untuk menghadapi cuaca panas ekstrim untuk menghindari dampak kurang baik bagi kesehatan.
 
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan dr Diauddin di Banjarmasin, Kamis, menuturkan cuaca panas ekstrim saat ini harus diwaspadai semua orang terutama yang beraktivitas di luar ruangan.

Baca juga: Kalsel siang ini didominasi cuaca cerah berawan
 
Karena, ungkap dia, jika tidak diwaspadai dengan seringnya aktivitas di luar ruangan bisa mengganggu kesehatan, utamanya dehidrasi atau kondisi di mana tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang mereka terima.
 
Untuk menghindari itu, ungkap Diauddin, Dinkes memberikan sembilan tips untuk menghadapi cuaca panas tidak bisa saat ini ketika sedang atau sering berada di luar ruangan, yakni:
 
Menurut Diauddin, hal pertama adalah minum air yang banyak jangan sampai menunggu haus untuk menghindari dehidrasi.
 
Kemudian yang kedua adalah hindari minum minuman yang berkafein, minuman berenergi, alkohol dan minuman manis.
 
Selanjutnya yang ketiga adalah hindari kontak dengan sinar matahari secara langsung, gunakan topi atau payung. Keempat adalah memakai bahan baju yang berbahan ringan dan longgar.
 
Baca juga: BMKG perkirakan lima kabupaten di Kalsel berpotensi hujan disertai angin kencang

Diauddin menyampaikan tips kelima adalah hindari memakai baju berwarna gelap agar tidak menyerap panas. Keenam adalah sebisa mungkin berteduh diantara jam 11.00 WITA hingga 15.00 WITA.
 
"Sebab mulai pukul 11.00 WITA hingga 15.00 WITA ini saat puncaknya hawa panas," ujarnya
 
Kemudian tips ketujuh, ucap Diauddin, adalah jangan meninggalkan siapapun di dalam kendaran dalam kondisi parkir baik dengan jendela terbuka maupun tertutup.
 
Selanjutnya, ungkap Diauddin, tips yang kedelapan adalah gunakan "sunscreen" minimal 30 SPF pada kulit yang tidak tertutup oleh baju sebelum keluar rumah.
 
"Tips yang kesembilan adalah sediakan semprot air yang dingin di dalam kendaraan," demikian kata Diauddin.

Baca juga: Kalsel berpotensi diguyur hujan lebat pada Selasa sore dan malam hari

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023