Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) menyayangkan sampai terjadi kekosongan bahan bakar minyak (BBM) di provinsinya dalam suasana Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

Sekretaris Komisi III H Gusti Abidinsyah mengatakan itu melalui telepon seluler, malam Rabu menjawab Antara Kalsel terkait kekosongan BBM beberapa jenis tertentu di daerah hulu sungai atau "Banua Anam" provinsi tersebut dalam suasana Lebaran Idul Fitri 1444 H/2923.

"Kami sangat menyayangkan terjadinya kekosongan BBM jenis Pertalite dan Pertamax pada beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kalsel seperti Banua Anam," tegas Abidinsyah.

Menurut mantan pejabat pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar Kalsel itu, kekosongan Pertalite dan Pertamax pada SPBU seharusnya tidak sampai terjadi seperti halnya di jalur Banjarmasin - Banua Anam.

Banua Anam Kalsel meliputi enam kabupaten yaitu Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan, dan Kabupaten Tabalong.

Wakil rakyat kelahiran Kotabaru, Kalsel, yang cukup *vokal" itu menambahkan, seharusnya Pertamina selaku operator pemerintah dalam pelayanan BBM sudah mengantisipasi serta memperhitungkan kebutuhan bahan bakar dalam suasana Idul Fitri 1444 H.

"Jika Pertamina memperhitungkannya dengan cermat atau seksama kemungkinan kekosongan BBM jenis tertentu pada SPBU di daerah hulu sungai Kalsel tidak akan terjadi dalam suasana Lebaran 1444 H," demikian Gt Abidinsyah.

Wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel II/Kabupaten Banjar itu berharap dari pengalaman yang terjadi pada Lebaran Idul Fitri 1444 H jangan terulang tahun depan atau ketika hari perayaan keagamaan lainnya.

Sebelumnya pemudik Lebaran Idul Fitri 1444 H - H+2 (24 April lalu) yang merupakan arus balik mengeluhkan kekosongan BBM jenis tertentu pada beberapa SPBU di jalur arah Banjarmasin - daerah hulu sungai atau Banua Anam.

Kekosongan BBM jenis tertentu itu cukup bervariasi tiap SPBU di daerah hulu sungai tersebut, seperti antara HST - HSS banyak kosong Pertalite dan HSS - Tapin yang kosong Pertamax.

Baca juga: Kekosongan BBM suasana lebaran pada SPBU di hulu sungai Kalsel bervariasi

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023