Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Mochamad Rifa’i meminta kepada para calon penumpang kapal di Pelabuhan Trisakti segera laporkan calo yang jual tiket dua kali lipat dari harga normal.

“Kalau ada informasi soal calo jual tiket di luar batas, langsung laporkan ke posko gabungan atau Polsek setempat,” ucapnya di Banjarmasin, Jumat.

Kombes Pol Mochamad Rifa’i menuturkan, di pelabuhan sudah ada posko keamanan untuk pengaduan.

Ia berharap agar masyarakat tidak takut untuk segera melaporkan kejadian tersebut.

“Jika benar terjadi dan ada fakta, kita akan menindak dengan tegas oknum calo penjual tiketnya,” katanya.

Koordinator Posko Angkutan Laut Laut Lebaran di Pelabuhan Trisakti melalui Kabag Humas KSOP Kelas I Banjarmasin, Deni Hendra Mulyadi, juga selalu memberikan imbauan terkait pembelian tiket.

“Jangan beli tiket manual, datang ke posko pengaduan, kita akan fasilitasi pemudik yang belum mendapat tiket,” ucapnya.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek KPL Banjarmasin Iptu Bagus Syahid mengatakan agar pemudik lebih bijak lagi dan tidak takut melaporkan.

“Di beberapa titik pelabuhan kita sudah pasang spanduk dan tercantum nomor telepon petugas, jika ada tindakan pelanggaran segera hubungi kami,” kata dia.

Salah seorang calon penumpang, Samsir (43), yang hendak mudik ke Blitar, mengatakan membeli tiket seharga Rp930.000, ia mengaku tidak ada pilihan lain karena takut tidak bisa mudik.

“Kata calo, sudah tidak ada tiket lagi, dia janjikan kita dapat tiket tapi harganya hampir dua kali lipat,” ucap dia.

Hingga H-1 lebaran, total jumlah penumpang yang telah menyeberang dari Pelabuhan Trisakti ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mencapai 13.191 orang.

Jadwal terakhir kapal angkutan mudik yang semula diperkirakan berangkat pada Kamis (20/4), dilakukan perubahan jadwal karena terdapat keterlambatan jadwal sandar.

Kapal KM Niki Sae diberangkatkan pada dini hari tadi sekitar Pukul 01.20 Wita dengan total muatan penumpang 242 orang, sedangkan Kapal KM Niki Barokah berangkat dengan jumlah penumpang sekitar 343 orang pada pagi hari pukul 06.00 Wita.

Baca juga: ARUS MUDIK - KSOP Banjarmasin tingkatkan faskes kapal angkutan mudik
Baca juga: ARUS MUDIK - Bupati HSS cek posko kesehatan dan pengamanan Idul Fitri
Baca juga: ARUS MUDIK- Dinas LH Tabalong tetap operasikan armada sampah selama lebaran

 

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023