PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) memberikan cara mengamankan instalasi listrik bagi warga yang hendak mudik pada Lebaran 2023 agar terhindar dari potensi kebakaran.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo melalui keterangan tertulis di Banjarmasin, Minggu, mengingatkan masyarakat untuk tetap berhati-hati saat hendak melakukan perjalanan mudik.

Baca juga: Dukung IKN, PLN bangun SUTT 150 kV Kariangau

“Ketika waktu mudik lebaran tiba dan semua anggota keluarga harus meninggalkan rumah, masyarakat perlu memastikan keamanan instalasi listriknya,” kata Darmawan.

Cara dari PLN agar listrik aman saat mudik lebaran 1444 Hijriah, yakni memeriksa sambungan listrik dan mencabut stop kontak jika ada peralatan elektronik yang tidak dibutuhkan.

Bagi pelanggan pascabayar, membayar listrik pada awal bulan atau sebelum tanggal 20 agar lebih nyaman dan terhindar dari pemutusan.

Bagi pelanggan prabayar, mengisi token listrik secukupnya dan siapkan cadangan bila diperlukan agar listrik tetap menyala terutama untuk penerangan.

Memeriksa instalasi listrik dalam rumah sebelum mudik, terutama jika sering terjadi korsleting dan memeriksa dengan bantuan instalatir resmi terdaftar.

Apabila daya listrik di rumah sudah tidak mencukupi, segera tambah daya secara resmi ke PLN menggunakan promo tambah daya "Terangi Ramadhan 2023".

Melapor kepada pengurus RT dan RW setempat, serta menitipkan rumah ke tetangga terdekat yang tidak mudik lebaran.

Baca juga: PLN pastikan kelistrikan Kalimantan Barat andal

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk melakukan pemeriksaan listriknya nanti sebelum mudik, agar mudik aman dan nyaman," tutup Darmawan.

Hal senada juga disampaikan oleh Anggota Komisi VI DPR RI Aria Bima saat memimpin RDP Komisi VI dengan PLN pada beberapa waktu lalu.

"Kerap kali saat orang pergi mudik rumahnya terbakar karena korslet, saya harap PLN bisa menyosialisasikan keamanan listrik terutama untuk rumah yang ditinggal mudik lebaran,” ujar Aria Bima.

Jika membutuhkan layanan PLN, pelanggan dapat mengakses aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore dan App Store.

Di PlayStore, aplikasi PLN Mobile mendapatkan _review_ mentereng dari pengguna dengan _rating_ 4.9 dari skala 5 yang menunjukkan apresiasi pelanggan atas perbaikan pelayanan di PLN.  

PLN (Persero) merupakan BUMN sektor kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri.

PLN memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor satu pelanggan untuk Solusi Energi.

PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.

Baca juga: Komisi VI DPR apresiasi PLN siapkan keandalan listrik masa mudik 2023

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023