Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi mengimbau agar ASN Pemkab HST membeli beras hasil produksi petani di kabupaten tersebut, sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah.

“Beras lokal jenis C Hirang dan Mekongga harganya lebih murah dibandingkan dengan beras luar Barabai, saat ini di Kabupaten HST sedang masa panen raya,” kata Bupati Aulia saat meninjau ketersediaan bahan pokok bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Pasar Keramat, Barabai, Kamis.

Bupati mengatakan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Keramat ini untuk mengetahui harga dan ketersediaan bahan pokok di Kabupaten HST.

“Harga sembilan bahan pokok cenderung stabil namun kami akan terus memantau harga-harga yang ada di Kabupaten HST agar tetap stabil menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah,” ujarnya.

Plt Kepala Dinas Perdagangan HST Rafianor Rahman usai menemani Bupati HST melakukan sidak mengatakan tidak ada harga bahan pokok yang naik signifikan dan pendistribusian pun normal.

Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi mengecek stok minyak saat mengunjungi gudang distributor di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Kamis (13/4/2023). Kunjungan Bupati ke pasar tersebut untuk mengecek stabilitas harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok jelang Lebaran. ANTARA/Bayu Pratama S.

“Hanya ada beberapa bahan pokok mengalami kenaikan harga, yakni daging sapi, ayam, ikan nilai, telur dan cabai rawit tiung,” katanya.

Rafi mengingatkan jangan sampai panik menghadapi Lebaran tahun ini yang mengakibatkan nanti dapat mempengaruhi harga.

“Jadi untuk masyarakat jangan panik karena stok masih aman dan distribusi pun normal,”ungkapnya.

Sidak yang dilakukan Bupati HST bersama Forkopimda dan kepala dinas terkait itu selain mengunjungi Pasar Keramat juga gudang PT Laut Indah Baru, salah satu distributor di Kabupaten HST, untuk memastikan stok.

 

Pewarta: Bayu Pratama S

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023