Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan berupaya meningkatkan minat baca masyarakat salah satunya dengan fasilitas mobil perpustakaan keliling.

“Kita tidak hanya berdiam menunggu pengunjung untuk datang ke perpustakaan, tapi harus terus aktif bergerak ke lapangan,” ucap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan Nurliana Dardie di Banjarmasin, Rabu.

Baca juga: Dispersip terima hibah mobil perpustakaan keliling dari Perpusnas RI

Nurliana menuturkan Pemprov Kalsel terus mempromosikan langkah untuk menambah minat baca dan literasi masyarakat terutama generasi muda.

Perpustakaan yang diturunkan kali ini menyusur salah satu kawasan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Banua Anyar.

Menurut Nurliana, perpustakaan keliling ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam hal menanamkan minat baca masyarakat sejak dini.

Hal ini juga sejalan dengan cita-cita bangsa untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang tertuang dalam alinea ke empat Pembukaan Undang Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia 1945.

Baca juga: Dispersip Kalsel serahkan Mobil Perpustakaan Keliling ke HSU

Pemprov Kalsel berupaya agar perpustakaan semakin disenangi oleh masyarakat khusus nya generasi muda.

Sementara itu, salah satu orang tua pengunjung Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Aida (38) mengaku antusias dengan program Pemprov Kalsel tersebut.

Ia menuturkan, anaknya sangat senang dengan kehadiran perpustakaan keliling.

“Terimakasih kepada pemerintah setempat karena telah menghadirkan perpustakaan keliling, anak saya senang," ucap Aida.

Aida mengaku, semula dia hanya membawa anaknya bermain di taman, namun saat di lokasi ada perpustakaan mobil keliling membuat anaknya tertarik membaca sambil bermain.

Baca juga: Mobil perpustakaan keliling sambangi lapas

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023