Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan 50 bus mini jenis Hiace untuk program mudik gratis jelang Lebaran 2023 atau Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.
 
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel M Fitri Hernadi di Banjarmasin, Rabu, menuturkan 50 armada angkutan mudik gratis tersebut untuk jurusan antarkota dalam provinsi (AKAP).

Baca juga: Arus mudik Lebaran, Dishub Kalsel siapkan angkutan gratis

Fitri menyatakan program mudik gratis bersama Paman Birin (Gubernur Kalsel) tersebut dibuka pendaftaran sejak 12 hingga 15 April 2023.
 
Sesuai kuota yang tersedia, kata dia, setiap armada bus mini dengan kapasitas sebanyak 15 penumpang, penyelenggaraan mudik gratis dimulai 19 dan 20 April 2023.
 
"Sesuai arahan Gubernur, kegiatan ini bertujuan memberikan keselamatan dan kenyamanan serta dalam rangka pengendalian inflasi sektor transportasi di Kalsel," ungkapnya.
 
Fitri mengatakan rute mudik gratis menuju Banua Anam, yakni Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong.
 
Rute lainnya, ucapnya, ke daerah pesisir meliputi Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru.

Baca juga: Polres Tapin fasilitasi tempat pijat, servis kendaraan hingga makan minum gratis untuk pemudik
 
"Ini berlaku bolak balik armada gratis mengangkut penumpang," ujarnya.
 
Fitri mengungkapkan armada mulai membawa penumpang dari Kota Banjarmasin bertempat di Siring 0 Kilometer Kota Banjarmasin atau jalan Sudirman depan Siring Sungai Martapura.
 
Sedangkan satunya lagi, kata Fitri, pengangkutan penumpang mudik di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru.
 
Untuk Lebaran kali ini, Fitri menyampaikan pula sudah melakukan "ramp check" atau pemeriksaan kendaraan angkutan umum di Terminal KM 6 Banjarmasin.
 
"Ini untuk memastikan angkutan umum yang melayani mudik lebaran standar operasional demi keselamatan penumpang," tutur Fitri.
 
Pemprov Kalsel bersama kepolisian, balai jalan dan lembaga terkait sudah memeriksa kondisi jalan jalur mudik Lebaran dengan 90 persen kondisi baik.

Baca juga: Nikmati mudik online Jasa Raharja dengan kuota internet gratis

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023