Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin meninjau gerai layanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Banjarbaru, Kalimantan Selatan.
 
Wapres dan rombongan tiba di MPP Banjarbaru, Selasa pagi disambut Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono dan Kadis PMPTSP Rahmah Khairita.

Baca juga: Wapres RI ajak masyarakat Kalsel tingkatkan ibadah pada Lailatul Qadar
 
Saat tiba di bagian dalam MPP, wapres mendatangi satu-persatu gerai layanan untuk melihat petugas pelayanan termasuk menanyakan masyarakat yang tengah berurusan di pusat layanan terpadu itu.
 
"Mau mengurus apa," tanya wapres kepada salah seorang pemohon layanan yang dijawab mengurus perizinan hingga wapres mendapat jawaban tentang jenis layanan dan berapa lama pelayanannya.
 
Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono bersyukur atas kunjungan wapres untuk memastikan keberadaan gerai layanan dan pelayanan prima yang diberikan kepada masyarakat melalui 20 gerai di tempat tersebut.
 
"Wapres menanyakan gerai-gerai yang ada di MPP dan mendatangi satu-persatu untuk memastikan kecepatan layanan, termasuk berapa lama waktu penyelesaian layanan," ujar wakil wali kota.
 
Kepala Dinas PMPTSP Rahmah Khairita mengatakan, kecepatan pelayanan setiap gerai berbeda-beda karena ada yang diselesaikan dalam waktu satu hari, tetapi ada pula yang selesai beberapa hari.

Baca juga: Pemkab Balangan raih penghargaan UHC dari Wapres RI

"Jadi kecepatan pelayanan setiap gerai berbeda-beda tergantung jenis layanan. Namun intinya, semua gerai berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat yang berurusan," ujar Rahmah.
 
Rahmah Khairita sebagai koordinator juga menyampaikan MPP Banjarbaru dibangun tahun 2020 terdiri dari 2 lantai, lantai dua untuk kantor, ruang pertemuan termasuk ruangan yang dijadikan balai nikah dan musala.
 
Sedangkan lantai 1 pusat pelayanan dan resmi beroperasi sejak Februari 2021 ditandai soft opening, saat itu bergabung 8 instansi dan setelah grand launching Desember 2021 terdapat 13 instansi pelayanan.
 
MPP merupakan mal ke-48 yang diresmikan di seluruh kabupaten dan kota se-Indonesia dan berkembang hingga bergabung 20 instansi yang menyediakan lebih dari 150 layanan rata-rata kunjungan 150 orang/hari. 
 
Ditambahkan, MPP merupakan inovasi dan wujud komitmen Pemkot Banjarbaru terhadap kesepahaman kerja sama penyelenggaraan MPP antara Kementerian PANRB dan Kementerian Dalam Negeri dengan 15 kementerian/lembaga dan korporasi nomor 119/M.KS.00/2022 disaksikan Wapres RI Ma'ruf Amin.
 
Mal Pelayanan Publik Banjarbaru terus komitmen memberi pelayanan terbaik dan berhasil meraih prestasi mulai dari juara 2 Kalsel Innovation award dan predikat pelayanan prima 2 tahun berturut-turut dan menjadi wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)
 
Selain itu, terjadi peningkatan investasi yang luar biasa sebesar Rp88 miliar tahun 2020, menjadi Rp146 miliar tahun 2021 dan melambung menjadi Rp645 miliar pada tahun 2022.
 
Selanjutnya, guna mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan MPP dilakukan survei yang tidak hanya dilakukan internal dinas tetapi juga melibatkan semua gerai termasuk masyarakat.
 
Pelayanan juga lebih maju karena sebelumnya manual tetapi sekarang online juga memakai barcode yang tersedia di setiap meja layanan dan terjadi peningkatan indeks kepuasan masyarakat tahun 2020 dengan nilai 87,05 menjadi 90,05 tahun 2021 dan 92,24 pada 2022.
 
Baca juga: Bupati hadiri pencanangan reformasi birokrasi di istana Wapres RI
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023