Deputi Perencanaan dan Pengendalian Terminal Penumpang Bandarmasih Syahrial Murjani mengatakan jumlah penumpang kapal di Pelabuhan Trisakti mengalami kenaikan 10 persen per hari menjelang arus mudik Lebaran 2023.

"Kalau dikalkulasikan jumlah penumpang yang bertambah itu hampir 30 orang per harinya,” kata Syahrial di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu.

Baca juga: Kapolda Kalsel jamin kondusifitas Pelabuhan Trisakti

Syahrial memperkirakan lonjakan jumlah penumpang itu akan terjadi setiap hari hingga puncak arus mudik yang diperkirakan terjadi pada tujuh hari sebelum Hari Raya Idul Fitri nanti.

Ia mengungkapkan peningkatan jumlah penumpang tersebut didominasi warga yang hendak mudik menuju  Pulau Jawa.

Saat ini, persentase jumlah penumpang keberangkatan dan kedatangan di Pelabuhan Trisakti tersebut sudah mulai terlihat signifikan.

“Yang datang jumlahnya sekitar 250 orang dan yang berangkat sekitar 450 orang,” ucapnya.

Baca juga: Polresta Banjarmasin pertebal pengamanan Pelabuhan Trisakti selama libur akhir tahun

Pelabuhan Trisakti Kota Banjarmasin tersebut hanya melayani satu rute  keberangkatan dari Kota Banjarmasin ke Kota Surabaya.

Syahrial memperkirakan akan terjadi lonjakan penumpang di Pelabuhan Trisakti saat tujuh hari sebelum Hari Raya Idul Fitri 2023.

“Nanti tujuh hari sebelum Hari Raya Idul Fitri jumlah penumpang akan membludak, kalau pengalaman dari tahun sebelumnya bisa melonjak sampai 1.000 lebih penumpang dalam satu hari,” tutur Syahrial.

Sementara itu salah seorang warga Kota Banjarmasin Rika (24) yang hendak mudik ke kampung halaman nya di Surabaya mengaku sudah tiba di terminal keberangkatan sejak pagi tadi.

"Saya sudah datang sejak pagi, mau pulang ke Surabaya, naik kapal lebih hemat biaya, ucapnya.

Baca juga: Balai Karantina pasang karpet disinfektan di Pelabuhan Trisakti

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023