Polresta Banjarmasin mempertebal pengamanan Pelabuhan Trisakti selama libur akhir tahun yang diprediksi terjadi peningkatan penumpang kapal laut tujuan Surabaya.

"Saya sudah perintahkan pengamanan dipertebal untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang kapal laut," kata Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo saat mengecek kesiapan Pelabuhan Trisakti mengantisipasi lonjakan penumpang, Kamis.

Menurut dia, potensi aksi kriminalitas harus ditekan seperti premanisme, copet hingga percaloan tiket agar masyarakat tidak menjadi korban.

Masyarakat pun diingatkan tidak menggunakan perhiasan berlebihan serta dapat menjaga dengan baik barang bawaannya agar tidak tercecer ataupun hilang dicuri baik saat berada di gedung terminal maupun di atas kapal.

Sabana mengimbau pula untuk membeli tiket di agen resmi atau langsung datang ke kantor jasa pelayaran kapal yang melayani sesuai rute yang diinginkan.
 
Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo berbincang dengan petugas Dharma Lautan Utama (DLU) dalam pelayanan pemeriksaan tiket di gedung terminal Pelabuhan Trisakti. (ANTARA/Firman)


Berdasarkan laporan otoritas pelabuhan, tambah dia, tahun ini diprediksi ada kenaikan jumlah penumpang kapal seiring melandainya COVID-19 dan ekonomi yang semakin membaik.

Untuk itulah, diperlukan sinergi semua unsur pengamanan yang terlibat di area pelabuhan agar pelayanan selama libur akhir tahun ini berjalan optimal tanpa ada insiden menonjol.

Sebelum meninjau kawasan Pelabuhan Trisakti yang pada momen libur Natal dan tahun baru kali ini dilayani enam armada kapal jenis roll on roll off (Ro-Ro) memuat penumpang dan kendaraan, Kapolresta Banjarmasin memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin 2022 di depan Duta Mall Banjarmasin.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022