Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Barito Kuala, Kalimantan Selatan H Hasanuddin Murad mengajak para pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) peduli terhadap pengembangan usaha lokal, khususnya produk unggulan bidang pertanian.
     

“Teman-teman pengusaha mestinya jangan terfokus pada satu bidang usaha kontraktor, namun harus juga punya terobosan dalam pengembangan usaha lain,” ujar Bupati Batola H Hasanuddin Murad, pada acara Musyawarah Kabupaten Kadin, di Marabahan, Senin (23/5).
     
Mantan anggota DPR RI mengutarakan, sebetulnya banyak potensi unggulan Batola yang bisa dikembangkan  pada bidang pertanian secara luas seperti,  perkebunan jeruk, padi, peternakan, perikanan dan usaha kecil seperti industri rumah tangga.
    
Diutarakannya,  ada peluang  cukup bagus untuk dikembangkan di Batola seiring pemberlakuan pengurangan kantong plastik oleh pemerintah  berupa, produk anyaman.
    
Batola, jelas dia, memiliki potensi tanaman Purun yang bisa digunakan sebagai bahan pembuat tas melalui  kerjasama dunia usaha seperti, mall dan pertokoan.
   
Usaha tersebut, ungkap dia,  cukup menjanjikan  salah satu melalui pembinaan usaha kecil menengah dalam pengembangan potensi unggulan di daerah.
    
Menyinggung tentang pelaksanaan Musyawarah Kabupaten Kadin  Batola, bupati berharap,  dapat melahirkan susunan kepengurusuan yang solid dan memiliki visi dan misi yang kuat dalam mendukung kemajuan pembangunan ekonomi daerah dan masyarakat Batola.
     
Selain itu, terang dia, Musyawarah Kabupaten Kadin Batola diharapkan melahirkan program kegiatan yang dapat memberikan kontribusi positif,  dan disinergikan dengan program  maupun kegiatan Pemkab Batola.
    
Lebih lanjut dia mengemukakan,  pihaknya juga berharap peran Kadin Batola dapat membantu penyelesaian masalah-masalah yang menghambat lajunya pertumbuhan ekonomi  dalam mendorong terciptanya iklim usaha yang sehat, kondusif dan berdaya saing di daerah.
   
Kemudian, tegas dia, kepada pengurus yang baru diharapkan mampu memberikan bantuan pembinaan dan motivasi sekaligus dukungan nyata kepada para pelaku usaha dalam  memajukan usaha mereka.

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016