Presiden Anak Yatim Indonesia H Zairullah Azhar memperkirakan sekitar 15 ribu anak yatim yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan perlu mendapatkan perhatian.
 
"Karena baru bisa kita data masih terbatas, mungkin hanya sekitar 30 persen," ujar Zairullah saat acara silaturahmi dan buka puasa bersama dengan Ketua RT se-Kota Banjarmasin di Banjarmasin, Sabtu.

Baca juga: BPD Kalsel Paringin santuni anak yatim hingga kaum masjid
 
Zairullah yang juga Ketua Umum Forum Nasional Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (Forum LKSA) pusat itu menuturkan pengurus Rukun Tetangga sebagai "ujung tombak" yang paling efektif mendata keberadaan anak yatim di daerah.
 
"Makanya dalam kesempatan pertemuan hari ini Ulun (saya) minta tolong dengan pian-pian (semua RT) bekerja sama dengan PKB, kebetulan Ulun (Saya) Ketua PKB Kalsel, kita cari semua anak yatim agar dapat diberi perhatian yang baik bagi kehidupan dan masa depan mereka," ujar Bupati Tanah Bumbu, Kalsel tersebut.
 
Zairullah menuturkan akan memperjuangkan kehidupan dan masa depan untuk anak yatim, meskipun jumlahnya cukup banyak, karena sudah "mewakafkan" diri bagi anak yatim.
 
Bahkan partai yang dipimpinnya di Kalsel, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah dinyatakan partai pemerhati anak yatim.
 
"Partai kita pun saat ini ikut berjuang untuk undang-undang tentang perlindungan anak yatim," ujarnya.
 
Dia pun mengharapkan semua bisa memberikan perhatian bagi anak-anak yang sudah ditinggalkan wafat ayah atau ibunya tersebut, karena menjadi turunnya berkah bagi bangsa dan rakyat negeri ini.

Baca juga: Ponpes Darul Qur'an Bhayangkara tampung anak yatim dan kurang mampu
 
"Karena mengasuh dan mengayomi anak yatim merupakan hal yang sangat mulia," ujarnya.
 
Sementara itu, Ketua PKB Kota Banjarmasin Hilyah Aulia menyatakan, silaturahmi dan buka puasa Ramadhan 1444 H atau 2023 dengan ketua RT se-Kota Banjarmasin sebagai upaya untuk terus mendekatkan partai dengan masyarakat.
 
Karena, menurut dia, PKB bertekad bisa memenangkan Pemilu 2024, khususnya Pemilu legislatif di Kota Banjarmasin dengan target sembilan kursi DPRD.
 
Dinyatakan dia, silaturahmi akan terus dijalin partainya tidak hanya dengan semua ketua RT, tapi juga seluruh lapisan masyarakat, sebagai wujud PKB dekat dengan rakyat.
 
Demikian juga, tutur anggota DPRD Kota Banjarmasin ini, sesuai dengan komitmen Ketua DPW PKB Kalsel H Zairullah Azhar, harus memperhatikan anak yatim.
 
"Mari kita bersama-sama memberikan perhatian dan mengayomi anak-anak yatim di kota ini," ungkap Hilyah.

Baca juga: Khotib ingatkan santuni anak yatim piatu
Ketua DPW PKB Kalsel sekaligus Presiden Anak Yatim Indonesia Zairullah Azhar saat memberikan sambutan pada silaturahmi dan buka puasa bersama dengan Ketua RT se-Kota Banjarmasin, Sabtu (1/4/2023). (ANTARA/Sukarli)

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023