Pemerintah Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan fokus meningkatkan ekonomi kerakyatan yang lebih tangguh, mandiri dan berdaya saing pada 2024 mengejar ketertinggalan akibat COVID-19.
 
Hal itu disampaikan Bupati Banjar Saidi Mansyur pada Musrenbang penyusunan RKPD tahun 2024 dengan tema "Peningkatan ekonomi kerakyatan yang tangguh, mandiri dan berdaya saing" di sebuah hotel di Banjarbaru, Selasa.
 
"Tahun 2024 menjadi momentum bagi Pemkab Banjar untuk mengejar ketertinggalan dari terhambatnya sektor ekonomi dan sektor lainnya akibat dampak pandemi COVID-19 serta dampak krisis ekonomi global," ujar bupati Banjar.  
 
Menurut Saidi, kaitannya konteks kondisi saat ini dan perkiraan tahun 2024 maka seluruh jajaran Pemkab Banjar mampu mencermati beberapa isu strategis dan permasalahan yang menjadi kendala dan tantangan di kabupaten setempat.
 
Saidi menyebutkan, lima hal dapat dijadikan dasar penentuan program yakni meningkatkan pembangunan ekonomi inklusif mampu mendorong pada pertumbuhan ekonomi makro dan kesejahteraan masyarakat.
 
Meningkatkan pembangunan infrastuktur dan kewilayahan dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi, pemenuhan pelayanan dasar dan pengelolaan lingkungan hidup serta penguatan karakter agamis dan kehidupan masyarakat yang demokratis.
 
Kepala Bappedalitbang Banjar M Riza Dauly menyebutkan, usulan berbagai desa diterima sebanyak 2.985 dan menjadi salah satu bahan pemilihan lokasi bagi SKPD yang akan melaksanakan program.
 
"Seperti tahun sebelumnya usulan masyarakat yang disampaikan melalui musrenbang lebih banyak pada infrastruktur khususnya terkait pelayanan dasar dan konektivitas di lingkungan warga," ungkapnya.
 
Pembukaan musrenbang ditandai pemukulan gong dilakukan bupati disusul penyerahan buku profil pencapaian pembangunan 2022 dan penganugerahan penilaian evaluasi kinerja perangkat daerah 2022.
 
Anugerah diberikan untuk kategori badan atau dinas lingkup Pemkab Banjar yakni Bappedalitbang, Disdukcapil dan Inspektorat, sedangkan kategori kecamatan yakni Tatah Makmur, Beruntung Baru dan Kecamatan Astambul.
 

 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023