Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry  meminta  Taruna Siaga Bencana (Tagana) Indonesia, kontribusinya  tidak sekedar sebuah organisasi, tetapi secara personal anggotanya juga harus bisa membantu lingkungannya.

"Jadi, anggota Tagana harus bisa memberikan edukasi kepada masyarakat, untuk mencegah dan bertindak cepat dalam menghadapi bencana agar tidak terjadi korban yang besar," kata Fikry saat menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19, di pendopo kabupaten, Senin (20/3) malam.

Baca juga: Tagana Balangan berkunjung ke Tanah Bumbu

Pihaknya mengucapkan selamat ulang tahun, dan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar TAGANA yang selama ini bersama-sama mengatasi berbagai persoalan bencana di HSS.

Dan  berharap kebersamaan tidak akan selesai, meskipun dirinya nanti sudah tidak menjabat Bupati HSS, silaturahmi akan tetap terjaga untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat HSS.

"TAGANA kita di HSS tidak hanya penanggulangan bencana alam, pada saat COVID-19 kemarin TAGANA juga berperan aktif meskipun statusnya bencana non alam," katanya.

Tak lupa, ia mengingatkan bencana tentu suatu yang tidak diinginkan, bencana bisa datang setiap saat, tapi bencana juga bisa diminimalkan apabila bisa menumbuhkan kewaspadaan sejak dini.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial HSS, Nordiansyah, mengatakan beberapa rangkaian yang telah dilaksanakan dalam peringatan HUT tingkat kabupaten bersama relawan lainnya.

Menurut dia, kegiatan tersebut antara lain, bhakti sosial pengecatan rumah lansia asuh TAGANA, dan penyerahan sembako yang berusia 67 tahun di Desa Loksado, susur sungai dan bantaran sungai Amandit.

Baca juga: Pemkab HSS peringati HUT ke-19 Tagana tingkat kabupaten

Susur sungai ini bertujuan untuk pembersihan sampah dari Desa Loksado sampai dengan desa Loklahung, serta sosialisasi Kampung Rawan Bencana.

Sosialisasi menyasar pemerintah desa dan perwakilan masyarakat di Desa Haratai, Loksado, Hulu Banyu, Muara Ulang dan Malinau, Loksado, untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat saat menghadapi bencana dan upaya pengurangan resiko bencana.

Pada kesempatan ini juga, Bupati HSS menyerahkan santunan untuk warga HSS yang terkena musibah kebakaran dan musibah bencana alam (puting beliung).

Serta, penyerahan bantuan Lumbung Sosial Kesiapsiagaan Bencana dari Dinas Sosial Provinsi Kalsel kepada Kecamatan Kandangan dan Kalumpang, masing-masing dengan nilai bantuan Rp70 juta.

Baca juga: Bimtek dan penanaman pohon peringati HUT Tagana di HSS

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023