Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 Taruna Siaga Bencana (Tagana) ke-18 tingkat Kabupaten HSS, di Pendopo Bupati HSS/

Kepala Dinas Sosial HSS, Nordiansyah, di Kandangan, mengatakan rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan, antaralain bakti sosial untuk pembangunan kembali rumah korban kebakaran, di Desa Gambah Luar, Kecamatan Kandangan yang dilaksanakan tanggal 12-16 Maret 2022.

"Bakti sosial Tagana Masuk Sekolah (TMS), penanaman 100 pohon di sekitaran Bendung Amandit,dan Bimbingan teknis peningkatan kapasitas Tagana HSS dengan materi vertical rescue dan water rescue," katanya, dalam laporan kegiatan, Rabu (23/3) malam.

Dijelaskan dia, anggota Taruna Siaga Bencana Kab. HSS sampai saat ini berjumlah 76 orang, terdiri dari laki-laki sebanyak 49 orang dan perempuan sebanyak 27 orang, dengan jenjang keanggotaan Tagana Muda sebanyak 73 orang dan Tagana Madya sebanyak tiga orang.

Baca juga: Bimtek dan penanaman pohon peringati HUT Tagana di HSS

Bupati HSS, H Achmad Fikry, mengatakan sangat mengapresiasi atas peran aktif Tagana HSS, bagi pihaknya keberadaan Tagana sudah tidak perlu diragukan lagi, karena selama ini kiprahnya sangat terasa dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Setiap ada informasi bencana paling awal orang Tagana yang memberikan informasi, karena anggota Tagana tersebar di 11 Kecamatan, jaringan sangat kuat sekali sehingga betul-betul apabila terjadi bencana, bisa diatasi dalam kesempatan pertama.

"Pada keadaan normal orang tidak memandang Tagana, tapi pada saat-saat terjadi bencana orang mencari Tagana. Biasalah orang-orang seperti itulah saat terjadi bencana orang mencari, terlambat sedikit saja Tagana bergerak dicari orang," katanya.

Ia juga berharap agar potensi Dinas Sosial yang lain agar dilibatkan juga tidak hanya Tagana saja, karena ada karang taruna dan semua potensi lainnya di bawah Dinas Sosial.

Dihari ulang tahun Tagana ke-18 ini tidak ada hal yang bisa disampaikan, selain menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas darma bakti yang telah diberikan selama ini paling tidak delapan tahun bersama pihaknya.

Baca juga: Korban kebakaran di Batang Kulur Kandangan terima bantuan

Kiprah mereka bisa dirasakan oleh masyarakat dan perlu komunikasi yang terus ditingkatkan, sinergi antara potensi sosial perlu ditumbuhkembangkan dan informasi pertama sangat penting. Lebih baik mencegah daripada sudah terjadi, tapi pada saat terjadi harus siap setiap saat.

"Saya bangga dengan anggota tagana saya akan terus bersama Tagana minimal 1,5 tahun sisa masa jabatan saya, kami bangga menjadi pembina Tagana tentu kalian juga bangga menjadi anggota Tagana," katanya.

Kegiatan ini dirangkai penayangan video dokumentasi Bhakti Sosial Tagana Kab. HSS dan ucapan HUT Tagana ke-18, serta penyerahan kunci rumah oleh Bupati HSS kepada korban kebakaran di Desa Gambah Luar, Kecamatan Kandangan atas nama Ibu Sarkiah.

Turut hadir, Kapolres HSS,  AKBP Sugeng Priyanto, Sekretaris Daerah HSS, H Muhammad Noor, para kepala perangkat daerah, para camat, jajaran Dinas Sosial HSS, anggota Tagana HSS dan perwakilan Kerukunan Barisan Pemadam Kebakaran HSS serta undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022