Untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas anggota, di Bendungan Amandit Malutu, Kecamatan Padang Batung.

Sebelum Bimtek dimulai, terlebih dahulu dilaksanakan penananamn 100 bibit pohon di seputaran bendungan, penanaman tersebut bertujuan untuk mencegah, dan mengurangi resiko bencana dan optimalisasi peran dan fungsi dalam penanganan pra bencana.

"Dua rangkaian kegiatan HUT Tagana HSS ini bertujuan untuk pencegahan dan pengurangan resiko bencana dengan cara melaksanakan penanaman bibit pohon sebanyak-banyaknya," kata Kepala Dinas Sosial HSS, Nordiansyah, Minggu (20/3) kemarin.

Baca juga: Korban kebakaran di Batang Kulur Kandangan terima bantuan

Selain itu, juga bimtek peningkatan wawasan pengetahuan penanggulangan bencana alam, dengan cara mendatangkan narasumber dari perwakilan Vertikal Rescue Indonesia.

Pihaknya mengucapkan terimakasih juga apresiasi yang sebesar-besarnya dan setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran anggota Tagana HSS, selama ini telah mengabdikan hidupnya untuk membantu masyarakat di berbagai kondisi.

"Peran Tagana HSS tentunya sangat penting, dalam bidang kesejahteraan masyarakat. Tugas yang diemban Tagana HSS bukanlah suatu hal yang mudah, karena setiap harinya harus selalu siap siaga dalam melayani masyarakat, terkhusus di saat bencana alam terjadi," katanya.

Baca juga: Bupati HSS serahkan bantuan ringankan beban korban kebakaran

Pihaknya berharap dari diadakan bimtek ini bisa memperluas pengetahuan juga menambah ilmu dalam bidang penanggulangan bencana, mengingat sangat pentingnya wawasan dan pengalaman dalam menanggulangi bencana, hingga proses evakuasi korban.

Ketua Tagana HSS, Samani, juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Tagana HSS yang sudah selalu dalam kebersamaan satu sama lain, dalam bidang penanggulangan bencana hingga pada hari ini usia Tagana HSS sudah berada di angka 18 Tahun.

"Tentunya kita semua berharap di HUT Tagana HSS yang ke-18 ini, kekompakan serta silaturahmi seluruh anggota bisa terus terjalin dengan baik, sehingga setiap harinya bisa terus selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakat Rakat Mufakat," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022