Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, mendistribusikan logistik pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang I di seluruh kecamatan kota setempat.

"Tahapan Pilkades tinggal satu hari dan dilaksanakan pada 18 Maret 2023 yang diikuti sebanyak 53 desa dari 171 desa di Tanah Bumbu," kata Kepala DPMD Kabupaten Tanah Bumbu Samsir, di Batulicin Jumat.

Baca juga: Polres Tanah Bumbu siapkan 327 personil amankan Pilkades serentak

Dia mengatakan, logistik yang disalurkan berupa surat suara sebanyak 80.892 lembar, surat perhitungan suara sebanyak 102 lembar dan segel. 

Semua logistik Pilkades akan diserahkan ke kecamatan kepada tim pengawas pemilihan kecamatan dan pendistribusian nya dikawal langsung oleh Personil TNI dan Polri untuk mengantisipasi atas hal-hal yang tidak diinginkan.

"Bahkan saya sendiri ikut mengawal pendistribusian logistik di Kecamatan Angsana dan Kecamatan Satui di dampingi tim lainnya terdiri dari pejabat dan staf PMD mengawal di kecamatan," terang Samsir.

Baca juga: Anggota KPPS di Mentewe terima pembekalan dari dinas

Samsir juga menghimbau kepada seluruh panitia desa dan KPPS agar dapat memastikan undangan pemilihan sudah sampai ke masyarakat. 

"Jangan sampai masyarakat tidak menerima undangan, namun kami juga sampaikan bahwa yang menerima undangan pemilih yang sudah terdaftar Pemilih Tetap (DPT)," tegasnya.

Selanjutnya besok atau 18 Maret pelaksanaan Pilkades masyarakat diminta tidak golongan putih atau golput

"Silahkan datang ke TPS pukul 08.00 wita-13.00 wita. Kami juga meminta kepada Pj Kepala desa dan Muspika agar dapat bekerjasama mensukseskan Pilkades dengan Aman, Damai dan Sukses," pinta Samsir.

Baca juga: Anggota KPPS diminta jaga netralitas pada Pilkades serentak

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023