Sebanyak 65 anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di Kecamatan Mentewe pada pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak menerima pembekalan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan.

"Hari ini kami melakukan sosialisasi dan pembekalan terakhir kepada anggota KPPS di Kecamatan Mentewe, sebelumnya kami juga melakukan pembekalan di Kecamatan Karang Bintang dan Satui," kata Kepala DPMD Kabupaten Tanah Bumbu Samsir, di Batulicin Kamis.

Dengan adanya pembekalan anggota KPPS diharapkan mereka dapat menjalankan tugasnya secara profesional hingga membuat berita acara pemungutan dan penghitungan suara.

Anggota KPPS juga harus sering melakukan koordinasi kepada PPS, PJ Kepala Desa hingga Tim Pengawas Kecamatan untuk menghindari kesalahan dalam melaksanakan tugasnya nanti.

Di katakan Samsir, Pilkades yang diselenggarakan secara serentak pada 18 Maret 2023 adalah sebuah agenda penting yang menentukan terwujudnya pembangunan desa yang berkelanjutan.

Untuk itu, KPPS adalah bagian dari warga negara yang juga berkewajiban menyukseskan Pilkades yang jujur, adil dan damai. 

Di Tanah Bumbu ada 54 desa dari 171 desa yang akan melaksanakan Pilkades secara serentak pada 18 Maret 2023.

"Kami sangat optimis pelaksanaan Pilkades nanti dapat terlaksana dengan baik dan tidak ada potensi konflik, karena kami selalu melakukan sosialisasi ke masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersamaan dan kedamaian dalam berpolitik," ujarnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023