Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) gerak cepat untuk membantu warga di lima kecamatan yang terdampak banjir.

Bupati HST, H Aulia Oktafiandi melalui Dinas Sosial, BPBD, Kecamatan Hantakan dan Haruyan mendirikan dapur umum di Gedung Juang, Barabai, Kamis.

Baca juga: Tapin banjir lagi

"Dapur umum tersebut untuk menjangkau pelayanan dan membantu warga yang terdampak banjir di wilayah Kecamatan Hantakan, Haruyan dan persiapan wilayah Barabai."katanya.

Mendapatkan laporan terkait banjir yang terjadi di sejumlah wilayah Kecamatan Hantakan dan Haruyan, Bupati HST, H Aulia Oktafiandi melalui Sekretaris Daerah Muhammad Yani pun perintahkan kepada Dinas Sosial untuk mendirikan dapur umum,  BPBD untuk siaga evakuasi warga yang terdampak dan untuk SKPD lainnya untuk saling kolaborasi mendukung penanganan banjir.

Camat Hantakan, Sahri Ramadhan, mengatakan banjir di wilayah Hantakan terjadi di desa Kindingan, Murung B, Bulayak, Patikalain, Pasting, Patikalain dan Hantakan.
Sejumlah petugas membungkus nasi untuk warga terdampak banjir di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah,Kalimantan Selatan, Kamis (16/3/2023)malam. ANTARA/Prokom HST.

"Kami sudah berkoordinasi dengan semua pihak yang terlibat untuk membantu dan menghimbau warga, selanjutnya bantuan berupa nasi bungkus akan sama-sama mengantarkan ke warga dibantu tim kecamatan ( BPBD, Satpol PP, TNI, Polri, Relawan dan Pemdes),"ujarnya.

Baca juga: Dampak banjir HST 1.340 rumah terendam dan 162 orang mengungsi

Sahri menambahkan untuk beberapa desa membuka dapur umum dengan dana desa salah satunya di desa  Murung B, untuk kekurangan di bantu dari Dinsos

"Kami juga berkoordinasi dengan Satpol PP & damkar ( bersama relawan dan BPK binaan Satpol PP) untuk bantuan pembersihan rumah warga yang dijadualkan besok di murung B dan desa lainnya,"ungkapnya 

Selain itu terkait jembatan Patikalain yang putus kami juga berkoordinasi dengan Dinas PUPR untuk penanganan secepatnya, dengan Pemdes untuk mengakomodir pembuatan jembatan darurat, koordinasi dengan DPMD terkait  pemakaian dana desa.

Baca juga: Banjir kembali landa HST Kalsel

Pewarta: Bayu Pratama S

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023