Dinas Sosial PPKB PPPA Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Kecamatan Hantakan dan Haruyan mendirikan dapur umum guna membantu dan melayani warga desa yang terdampak banjir.

"Sejak tadi malam dapur umum telah kami dirikan di Gedung Juang Barabai, hal ini untuk menjangkau pelayanan membantu warga di Kecamatan Hantakan dan Haruyan, dan persiapan di wilayah Barabai," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Sosial setempat Wahyudi Rahmad di Barabai, Jumat.

Baca juga: Banjir kembali landa HST Kalsel

Wahyudi mengaku mendapatkan laporan terkait banjir yang terjadi di sejumlah wilayah Kecamatan Hantakan dan Haruyan, kemudian Bupati HST melalui Sekretaris Daerah Muhammad Yani pun memerintahkan kepada Dinas Sosial untuk mendirikan dapur umum, BPBD bersiaga evakuasi warga yang terdampak dan SKPD lain saling kolaborasi mendukung penanganan banjir.

Sedangkan Camat Hantakan Sahri Ramadhan menyampaikan banjir di wilayah Hantakan terjadi di Desa Kindingan, Murung B, Bulayak, Patikalain, Pasting, Patikalain dan Hantakan

Sahri menyebutkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk memberikan makan malam melalui dapur umum Dinsos, koordinasi juga dilakukan dengan BPBD guna mengimbau warga warga di bantaran sungai terkait keselamatan jiwa.

"Selanjutnya setelah siap berupa nasi bungkus akan sama-sama mengantarkan ke warga dibantu tim kecamatan (BPBD, Satpol PP, TNI, Polri, Relawan dan Pemdes)," tutur Sahri.

Baca juga: BPBD Kalsel: banjir bandang landa HST dan HSS

Sahri menambahkan beberapa desa membuka dapur umum dengan dana desa, salah satunya di Desa  Murung B dibantu Dinsos.

"Kami juga berkoordinasi dengan Satpol PP dan Damkar (bersama relawan dan BPK binaan Satpol PP) untuk bantuan pembersihan rumah warga yang dijadwalkan besok Mi murung B dan desa lainnya," ucap Sahri.

Sedangkan terkait Jembatan Patikalain yang putus, Sahri menjelaskan sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR untuk penanganan secepatnya, dan pihak desa untuk mengakomodir pembuatan jembatan darurat dan koordinasi dengan DPMD terkait  pemakaian dana desa.

Baca juga: HST diterjang banjir akibat sungai di pegunungan meluap

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023