Presiden Joko Widodo terkejut mendengar penjelasan Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin terkait daerah tersebut memiliki pertumbuhan ekonomi tertinggi di Provinsi Kalimantan Selatan.

Berdasarkan siaran pers dari Dinas Kominfo Kota Banjarbaru diterima Antara di Banjarbaru, Kamis malam, menyebutkan Presiden Jokowi kaget melihat perkembangan Kota Banjarbaru di bawah kepemimpinan Aditya.

Baca juga: Jokowi ke Kalsel, Kodim 1002/HST bantu pengamanan

Diketahui, Jokowi mendarat di Bandara Internasional Sjamsudin Noor, Banjarbaru dalam rangka kunjungan kerja ke beberapa kota dan kabupaten di Kalimantan Selatan pada 16-17 Maret 2023.

Aditya menjadi salah satu kepala daerah mendampingi Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Banjarbaru
 
Setiba di hotel, Wali Kota Aditya menyambut hangat kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu dan dari kejauhan, keduanya bercanda dan berdiskusi ringan sembari masuk ke dalam lobi hotel.
 
Saat itu, Jokowi menanyakan kepada wali kota ihwal perkembangan Kota Banjarbaru terkait inflasi yang terjadi pada beberapa waktu lalu, indeks pertumbuhan ekonomi hingga angka gagal tumbuh pada anak (stunting).

Baca juga: Jokowi bakal hadir, Staf Khusus hadiri pembukaan Muktamar Rabithah Melayu-Banjar

Menjawab pertanyaan dari Jokowi, Aditya melaporkan pencapaian Kota Banjarbaru beberapa tahun terakhir termasuk pertumbuhan ekonomi tertinggi di Kalsel pada 2022 sebesar 7,93 persen hingga mencatatkan sejarah baru.
 
Informasi sekaligus fakta itu sempat membuat Jokowi terkejut hingga memuji pencapaian itu.

"Wah, tinggi banget," ucap Jokowi sembari tersenyum mengapresiasi kinerja Aditya selaku kepala daerah.

Baca juga: Jokowi ke Kalsel, Kodam Mulawarman pastikan pengamanan lokasi
Presiden RI Joko Widodo disambut Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin setibanya di Kota Banjarbaru. (ANTARA/HO-Medcen Kominfo Banjarbaru)

Aditya menyampaikan pihaknya bersama masyarakat sangat antusias menyambut kedatangan Presiden Jokowi dan berharap rangkaian agenda kunjungan berjalan lancar.
 
"Banjarbaru dipercaya menjadi salah satu daerah kunjungan presiden dan tentu menjadi kebanggaan bagi kita. Semoga selama kunjungan beliau semua acara dapat berjalan dengan lancar," ucap Wali Kota Banjarbaru.

Baca juga: Ribuan personel ikuti apel gelar pasukan pengamanan Presiden Jokowi
 
Sebagai informasi, Jokowi melaksanakan kunjungan kerja mulai menghadiri Muktamar Rabithah Melayu Banjar di Kabupaten Tabalong, peresmian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) tahap dua di Balai Pengelola Air Minum Banjarbakula di kawasan Hutan Pinus Banjarbaru kemudian shalat Jumat di Masjid Agung Al-Munnawarah Jalan Trikora.
 
Kemudian, mengunjungi Pasar Astambul di Kabupaten Banjar sekaligus menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) dan modal usaha kepada perwakilan pedagang.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023