Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur mengharapkan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) berkontribusi yang positif di bidang pertanian sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan.
 
"Kami minta LPM melalui gabungan kelompok tani mampu memberikan kontribusi positif demi peningkatan ketahanan pangan khususnya bagi pemenuhan kebutuhan daerah," ujar Saidi di Martapura, Selasa.

Baca juga: Pemkab Banjar jadikan LPM sarana wujudkan ketahanan pangan
 
Saidi menyampaikan itu saat membuka Lumbung Pangan Masyarakat Gabungan Kelompok Tani Tamara Bersama di Desa Aluh-Aluh Kecil Muara, Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar.
 
Saidi menuturkan LPM yang berkiprah di tengah masyarakat hampir 60 persen merupakan petani yang diharapkan berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Banjar dan pusat.
 
"Tujuan berkoordinasi agar mampu memberikan kontribusi yang positif sehingga pertanian dapat semakin berkembang dan ketahanan pangan bagi daerah bisa selalu terpelihara dengan baik," ucapnya.
 
Selain memenuhi hak yang paling dasar, Saidi menekankan sangat penting mewujudkan sumber daya manusia kualitas dan salah satu pilar utama untuk menopang ketahanan ekonomi berkelanjutan dan komprehensif.

Baca juga: Banjar Fokuskan Kebutuhan Beras
 
"Manfaat LPM banyak, selain untuk kesejahteraan anggota atau petani yang berhimpun di dalamnya, juga bisa difungsikan menangani soal kebencanaan, stok pangan hingga ekonomi produktif," ungkapnya.
 
Saidi menyebutkan jumlah LPM di Kabupaten Banjar yang berjalan sebanyak 21 unit tersebar pada lokasi berbeda dengan anggaran bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun APBD kabupaten.
 
"Makanya kami berharap, LPM selalu berkoordinasi dengan DKPP Banjar dan juga pemerintah pusat sehingga bisa menjalankan program kerja yang dapat mendukung ketahanan pangan bagi daerah," ujar Saidi.
 
Peresmian dilanjutkan peninjauan sarana pendukung berupa mesin Rice Milling Unit (RMU) dan Bed Dryer atau pengering padi untuk mewujudkan ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Baca juga: Banjar Sosialisasikan Keamanan Pangan

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023