Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan menjadikan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) sebagai sarana untuk mewujudkan ketahanan pangan bagi masyarakat setempat.
 
Bupati Banjar Saidi Mansyur secara simbolis meresmikan LPM yang dikelola oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tunas Harapan di Desa Tambak Danau Kecamatan Astambul, Selasa.

Baca juga: Bupati Banjar terima hasil audit dari BPK Perwakilan Kalsel
 
"Pembangunan LPM merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemkab mewujudkan ketahanan pangan dan menjadikannya sarana mendukung potensi pertanian di desa," ujar Saidi usai peresmian.
 
Menurut Saidi, Pemkab Banjar bersama masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan terus berupaya mewujudkan ketahanan pangan dan memilih LPM sebagai sarana untuk menjaga ketersediaan pangan.
 
Ditekankan, berbagai upaya untuk menjaga ketahanan pangan harus dilakukan mengingat situasi cuaca yang tidak menentu sehingga setiap saat harus diwaspadai terutama terkait kesediaan bahan pangan.
 
"Jangan sampai karena situasi cuaca yang tidak menentu membuat produksi pertanian menurun hingga masyarakat kekurangan pangan, sebaliknya LPM dapat mewujudkan ketahanan pangan," ucapnya.

Baca juga: Bupati harapkan kafilah Banjar raih prestasi gemilang di MTQ Kalsel
 
Diharapkan, melalui dukungan dinas dan instansi terkait di lingkup SKPD Pemkab Banjar mampu menyiapkan LPM di wilayah desa dan kecamatan lain dengan menggali setiap potensi agar ketahanan pangan terjaga.
 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Banjar Ahmadi mengatakan, fungsi LPM adalah mengelola stok pangan terutama saat musim sulit atau paceklik setelah masa panen raya.
 
"Fungsi LPM juga mengantisipasi gejolak harga pangan disebabkan bencana alam atau bencana sosial serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan usaha ekonomi produktif," jelasnya.
 
Dikatakan, pembangunan LPM Desa Tambak Danau dibiayai Dana Alokasi Khusus (DAK) 2022 dan Gapoktan Tunas Harapan bisa memanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat.
 
Kegiatan seremonial itu diakhiri penyerahan LPM dan Lantai Jemur yang dibiayai dana APBD tahun 2022 di Desa Handil Purai Kecamatan Beruntung Baru kepada Ketua Poktan Semangat Baru.

Baca juga: Bupati harapkan Nanang dan Galuh Intan Banjar juarai Naga Kalsel

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023