Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) Hulu Sungai Selatan (HSS), Ronaldy P Putra menyampaikan setiap perusahaan  berkewajiban membina satu desa, untuk menjadi Kampung Iklim.

Ia mengatakan, pembinaan ini juga terkait dengan program Adipura Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS mewujudkan partisipasi masyarakat dalam aksi nyata terhadap pengelolaan lingkungan, yang dikenal dengan Program Kampung Iklim (Proklim).

Baca juga: PT AGM apresiasi raihan anugerah Adipura Kabupaten HSS

"Sekaligus ini menjadi salah satu kontribusi perusahaan, dalam komitmen mereka untuk pengelolaan lingkungan dan telah dilaksanakan sejak tahun 2022," katanya, dalam keterangan, di Kandangan, HSS, Kalimantan Selatan, Kamis.

Dijelaskan dia, terkait program Adipura di daerah, juga sudah ada beberapa perusahaan sebagai pihak ketiga, yang menyatakan dukungan , seperti dari PT Antang Gunung Meratus (AGM).

PT AGM telah  melaksanakan ekspose awal  master plan pengelolaan persampahan skala kabupaten di HSS,  termasuk sedang dijajaki pengembangan TPA di Sungai Raya.

Baca juga: PT SAM nyatakan kesiapan dukung program Adipura Pemkab HSS

Pihaknya berharap dengan kontribusi dari PT AGM ini nantinya dapat mengatasi kekurangan yang ada sebelumnya di tim penilai Adipura, dalam hal pengelolaan pengembangan TPA .

"Selain dari PT AGM, juga dari PT SLS akan melaksanakan pembangunan bank sampah standar di Kecamatan Daha Barat, mudahan-mudahan langkah ini juga nantinya akan diikuti perusahaan-perusahaan lain di HSS," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023