Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Rumah bersejarah Anno 1925 di Jalan Piare Tendean kini remi dijadikan showroom usaha masyarakat kecil dan menengah di bawah naungan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banjarmasin.


"Semua kelompok UMKM bisa bergiliran memenfaatkan ruangan ini nantinya, sebagai promosi bagi produk mereka," ujar Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin dr Siti Wasilah saat acara launching showroom Dekranasda UMKM center dan cafe rumah Anno, di Siring Jalan Piare Tendean, Minggu.

Menurut dia, rumah tua yang mendapat renovasi total di tepian Sungai Martapura ini menjadi tempat khusus produk kerajinan masyarakat yang tergabung di Dekranasda, Koperasi, dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K)-PKK di lima kecamatan.

"Ratusan produk UMKM akan kita coba pasarkan di sini dan di lantai tiga menara pandang itu, keunggulannya di dini tempat wisata," ucapnya.

Pihaknya, tutur istri Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina itu, akan terus berupaya agar produk UMKM bisa memiliki pasar, dan bisa bersaing dengan produk industri.

"Tentunya ada syarat-syarat agar produk UMKM itu bisa masuk ke showroom ini, salah satunya kemasan," ujarnya.

Menurut dia, kualitas produk UMKM di daerah ini terus ditingkatkan, hingga dapat diminati dan dicari di pasaran.

"Memang tugas penting selanjutnya ini menggaungkan adanya showroom UMKM ini," ujarnya.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina menyatakan, dengan adanya showroom Dekranasda UMKM center ini sangat membantu rencana pemerintah kota untuk mencetak 2.500 wirausahawan baru dalam lima tahun.

"Kita berupaya memunculkan UMKM-UMKM di daerah ini, sebab ini akan sangat membantu bagi pertumbuhan masyarakat dan daerah," ujarnya.

Hadir pada acara launching showroom Dekranasda UMKM center dan cafe rumah Anno, di Siring Jalan Piare Tendean tersebut, Sekda Prov Kalsel M Arsyadi bersama istri, demikian pula Wakil Wali Kota Banjarmasin Hermansyah.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016