Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Batumandi, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan memuliakan malam nisfu syaban dengan melaksanakan ibadah bersama mulai dari shalat maghrib hingga shalat isya berjamaah.

"Alhamdulillah saya dengan sejumlah siswa pada momen malam nisfu syaban ini dapat melaksanakan ibadah shalat maghrib dan isya berjemaah, serta membaca surah yasin juga syair habsyi," kata Guru PAI SMPN 4 Batumandi, Athaillah kepada ANTARA, Selasa.

Athailah menuturkan, kegiatan ibadah berjamaah tersebut terus dilakukan dirinya bersama para siswa satu malam penuh sampai nanti dengan shalat subuh berjamaah.

Dia mengajak kepada seluruh muridnya, pada momen nisfu syaban ini untuk terus meningkatkan ibadah karena pada malam ini merupakan malam yang dimuliakan Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Menurut Athailah, kenapa harus memuliakan malam nisfu syaban karena tiada malam yang lebih baik selain malam lailatul qadar dan malam nisfu syaban yang mana Allah SWT memberikan rahmat kepada hamba-hamba-Nya yang menghidupkan malam dan memuliakan malam tersebut.

Dia melanjutkan, malam ini sangat istimewa bagi umat muslim karena pada malam ini banyak sekali keutamaan salah satunya adalah malam ini diyakini bahwa Allah SWT akan menghapuskan segala dosa-dosa hamba-Nya yang memohon ampunan karena malam ini merupakan malam pengampunan bagi umat manusia.

"Sekolah merupakan salah satu tempat terbaik untuk memberikan pemahaman keagamaan, serta mendidik akhlak seorang anak yang dapat memahami hal apa saja yang mendapatkan kemuliaan oleh Allah SWT, memberikan manfaat bagi orang lain dan dapat membawa orang tua para murid untuk menuju surga," tuturnya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023