Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Kalimantan Selatan konsultasikan Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi atau RTRWP setempat Tahun 2023 - 2043 dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kebutuhan (LHK) Republik Indonesia di Jakarta.

"Pansus I DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) membahas Raperda tentang RTRWP setempat Tahun 2023 - 2043," ujar Kepala Subbag Humas Sekretariat Dewan (Setwan) provinsi tersebut, Dedy Noriadi melalui telepon seluler, Senin malam .

Menurut Ketua Pansus I tersebut, H Hasanuddin Murad atau yang akrab dengan sapaan Hasan, mengonsultasikan RTRWP itu perlu dengan pemerintah pusat atau Kementerian terkait guna sinkronisasi sehingga tidak ada permasalahan yang mendasar.

Sebagai contoh terkait dengan lingkungan hidup serta kehutanan, Pansus I berkonsultasi dengan Kementerian LHk pada 6 Maret 2024?3 dan sebelumnya dengan Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN.

Hasan - manatan Bupati Barito Kuala+Batola) Kalsel dua periode menambahkan, konsultasi tersebut terkait percepatan penyusunan dan pembahasan RTRWP Kalsel 2023 - 2043.

Kunjungan ke Kementerian LHK tindak lanjut rapat kerja Pansus I DPRD Kalsel bersama instansi terkait guna menyelaraskan revisi RTRWP 2023 - 2043.

Mantan anggota DPR RI asal daerah pemilihan Kalsel itu menjelaskan, konsultasi ke kementrian terkait, karena, proses berkaitan tata ruang harus berkomunikasi dengan kementerian.

Pembicaraan tahap awal dengan pemerintah kabupaten/kota, dan sesudah deklarasi clear, terkait peruntukan, perubahan terhadap kawasan mau

"Tahapan awal telah dibicarakan dengan pemerintah kabupaten/kota. Setelah deklarasi clear, terkait peruntukan perubahan terhadap kawasan maupun fungsinya juga sudah disampaikan ke DPRD, yaitu terkait subtansi rencana rancangan peraturan daerah," ujar Hasan.

Pansus I DPRD Kalsel yang membahas RTRWP setempat Tahun 2923 - 2943 saat konsultasi dengan Kementerian LHK di Jakarta, 6 Maret 2023. (ANTARA/HO- Humas Setwan Kalsel.)

Menerima rombongan Pansus I DPRD Kalsel itu, Forest, Trop Kssubdit Rencana Kawasan. Hutan dan Pembentukan Wilayah Pengelolaan Hutan Kementrian LHK Yana Juhana.

Sedangkan yang menyertai kunjungan kerja/Konsultasi Pansus I tersebut Dinas Kehutanan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel.

Sebagaimana terjadwal kunjungan kerja Pansus I ke luar daerah untuk konsultasi dengan Kementerian LHK di Jakarta, 5 - 7 Maret 2023, demikian keterangan pers Humas Setwan Kalsel.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023