Desa Bumi Asih, Kecamatan Kelumpang Selatan, Kotabaru, Kalimantan Selatan, ditanami dengan ratusan pohon buah dan tanaman kayu-kayuan oleh unsur pimpinan kecamatan, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Cantung dan masyarakat.

"Kita tanam sebanyak 200  pohon buah dan kayu kayuan," kata Kepala KPH Cantung Fajar Noor di Kotabaru, Senin.

Menurut dia, penanaman pohon ini merupakan bentuk peningkatan kepedulian masyarakat terhadap perubahan iklim dan meminimalisasi bencana di desa.

Juga dalam rangka mendukung program penanaman  pohon serentak di seluruh Indonesia sekaligus sebagai peringatan desa asri nusantara yang akan diperingati pada tanggal 15 Maret 2023.

" Ini bagian upaya mendukung Direktorat Pengembangan Sosial Budaya dan Lingkungan Desa," katanya.

Ia juga menambahkan, program ini akan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia tanggal 21 Maret 2023.

Selain itu, Fajar menginginkan agar di taman desa itu nantinya dikelilingi pohon-pohon besar yang membuat suasana semakin asri dan rindang, sehingga pengunjung semakin betah untuk berlama-lama di lokasi tersebut.

Pengembangan objek wisata di Desa Bumi Asih mulai dikerjakan sejak 2019, dan sekarang mulai dirasakan manfaatnya oleh warga setempat,  khususnya masyarakat Kelumpang Selatan.

Setiap pekan taman desa itu dijadikan tempat kegiatan oleh para pengunjung dari masyarakat desa lain,  di antaranya untuk acara family gathering, lomba mancing dan pentas seni.

Yang menjadi daya tarik bagi calon pengunjung untuk datang ke Desa Bumi Asih adalah tempat tersebut merupakan surga bagi pecinta foto. Mereka dapat berswafoto di area taman yang dikelilingi dengan keindahan alam yang nampak asri dan rindang.

Pemerintah desa juga membangun infrastruktur, seperti jalan, gedung desa, pasar, fasilitas publik lainnya embung desa, penerangan jalan, revitalisasi pertanian dan perkebunan, perekonomian kerakyatan yang berbasis pemberdayaan.

 

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023