Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - Badan Pusat Statistik Kalimantan Selatan optimistis pelaksanakan sensus ekonomi cukup waktu selama satu bulan yang ditargetkan tanggal 1-31 Mei 2016.


"Kami optimistis cukup waktu dan seluruh informasi maupun pendataan selesai dalam satu bulan," ujar Ketua Tim Sekretariat SE BPS Kalsel Arih Dwi Prasetyo di Banjarbaru, Rabu.

Ia mengatakan, rasa optimisme itu karena petugas sensus sebanyak 4.758 orang yang tersebar pada 13 kabupaten dan kota di wilayah Kalsel sudah bekerja maksimal.

Disebutkan hasil evaluasi secara umum pelaksanaan SE seluruh Kalsel hingga memasuki hari ke-10, jumlah rumah tangga yang disensus petugas sudah cukup banyak.

"Memasuki hari ke-10 pelaksanaan sensus ekonomi, setiap petugas rata-rata sudah berhasil mendata satu blok sensus berkisar 80 hingga 120 rumah tangga," ungkapnya.

Menurut dia, satu petugas sensus diberikan tanggung jawab melakukan pendataan tiga blok sensus dengan jumlah rumah tangga berkisar 250 hingga 300 rumah tangga.

"Jika mereka mampu mendata rumah tangga hingga satu blok sensus per hari maka waktu yang dibutuhkan untuk mendata tidak sampai satu bulan," ucapnya.

Ia memperkirakan, pendataan yang dilakukan petugas sensus diperkirakan selesai satu minggu sebelum akhir Mei 2016 sehingga bisa diselesaikan tugas-tugas lainnya.

"Melihat hasil evaluasi, kami bisa memperkirakan pendataan selesai satu minggu sebelum akhir Mei sehingga petugas memiliki waktu membuatkan laporannya," kata dia.

Dikatakan, selain petugas sensus yang bekerja maksimal mendatangi setiap rumah tangga, respon dan partisipasi masyarakat memberikan informasi juga sangat penting.

"Harapan kami, masyarakat mau menerima petugas sensus dan memberikan data secara benar dan jujur terkait usaha yang dijalankan," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016