Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Muslim mengungkapkan, hingga kini sudah sebanyak 6.833 set top box (STB) dibagikan ke rumah tangga tidak mampu untuk mendukung program tv digital.
 
"Total kuota STB di wilayah Kalimantan Selatan 1 sebanyak 21.626 STB," ujar dia di Banjarbaru, Rabu.
 
Menurutnya, wilayah Kalimantan Selatan 1 meliputi Kota Banjarmasin, Kota Banjabaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Tanah Laut. 
 
Sesuai jadwal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Analog Switch Off (ASO) atau penghentian tv analog, disebut juga transisi ke tv digital, wilayah Kalimantan Selatan 1 bersama dengan Bali 1 dan Sumatera Selatan 1 pada 20 Maret 2023.
 
Dijelaskan dia, ASO adalah penghentian siaran televisi analog untuk bermigrasi ke digital, dengan siaran yang lebih bersih, lebih jernih, dan lebih canggih.
 
"Dengan ASO, masyarakat bisa menyaksikan tayangan yang lebih berkualitas dan beragam," ujar Muslim.
 
Dia menyampaikan, berdasarkan update dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI saat rapat koordinasi dan evaluasi bantuan STB sebelumnya, sebesar 32 persen STB telah didistribusikan di wilayah Kalsel 1.
 
"Angka ini bertambah cukup signifikan dibandingkan data terakhir yang kami terima dari LPS, yaitu di bawah 20 persen," ucap Muslim.
 
Meskipun angka distribusi terus meningkat, Muslim mengatakan pemerintah pusat dan daerah akan terus berkoordinasi agar sisa kuota STB dapat segera terealisasi.
 
Itu mengingat syarat ASO adalah 90 persen alat bantu penerima siaran digital tersebut diterima oleh rumah tangga miskin.
 
"Curah hujan tinggi menjadi salah satu kendala distribusi STB yang disampaikan saat rapat evaluasi, karena STB ini harus didistribusikan door to door sesuai juknis," ungkap Muslim.
 
Muslim mengimbau masyarakat di wilayah Kalsel 1 yang tidak termasuk penerima, namun memiliki televisi analog dan tidak bisa menerima sinyal digital agar segera memasang STB.
 
"Masyarakat bisa membeli STB di toko elektronik maupun online, jauh-jauh hari sebelum ASO diberlakukan. Pastikan membeli STB yang telah tersertifikasi Kementerian Kominfo dan berlogo SNI," demikian pesan Muslim.
 
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023