Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan mengajak  masyarakat setempat untuk melaksanakan dan mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak periode 2023 dengan aman, sejuk, damai dan tidak golongan putih (Golput).

"Agar pelaksanaan Pilkades berjalan baik. DPMD Tanha Bumbu mengimbau kepada seluruh warga untuk ikut menjaga keamanan ketertiban dan juga ikut andil melakukan pengawasan untuk menghindari terjadinya kecurangan dalam pelaksanaan Pilkades," kata Kepala DPMD Tanah Bumbu Samsir di Batulicin, Jumat.

Baca juga: DPMD Tanbu evaluasi kinerja panitia pilkades di Satui

Samsir mengatakan tahapan Pilkades yang dilaksanakan secara serentak pada 18 Maret 2023 sudah memasuki tahapan penetapan calon kepala desa sekaligus pengundian nomor urut calon kepala desa.

Sebanyak 54 desa di Tanah Bumbu mengikuti Pilkades dan saat ini petugas mengamati tahapan Pilkades tersebut dengan membagi tim yang disebar ke seluruh kecamatan.

Dalam pelaksanaannya, petugas juga memotivasi kepada Pj Kepala desa dan panitia pelaksana Pilkades di seluruh kecamatan agar selalu berkoordinasi serta mengimbau warga memastikan sudah tercatat di daftar pemutakhiran data sementara.

Baca juga: Bupati Tanah Bumbu lantik 42 kades terpilih

"Setiap ada kegiatan, himbauan itu harus disampaikan jangan sampai ada warga yang tidak terdaftar di data pemilih tetap," ujar Samsir.

Menurut Samsir, pelaksanaan Pilkades memiliki potensi terjadinya konflik lebih besar dibandingkan dengan Pileg bahkan Pemilu sekalipun.

Oleh sebab itu pihaknya juga meminta kepada pihak-pihak terkait untuk mengantisipasi adanya potensi kerawanan dalam pelaksanaan Pilkades serentak tersebut.

Baca juga: Puluhan desa di Tanah Bumbu laksanakan pilkades serentakan

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023