Habib Ja'far bin Yusuf As Segaf dalam tausiyahnya di Masjid Al Falah Komplek Bumi Pemurus Permai Banjarmasin Selatan mengingatkan kaum Muslim fungsi doa.

"Karena doa tersebut sama dengan berkomunikasi dengan Allah SWT Yang Maha Kuasa atau Berkehendak," ujar Habib tersebut, usai Shalat Subuh Jumat.

Oleh sebab itu, menurut Imam Ali Al Hadad, Allah marah kepada hamba Nya yang tidak mau berdoa atau meminta, kutip pengaruh pesantren Istiqamah Pekapuran Raya Banjarmasin tersebut, kutipnya.

Dengan mengutip Hadits Rasulullah Muhammad Saw, Habib menganjurkan, berdoa jangan hanya dalam kesakitan, tetapi juga saat senang.

Pasalnya, kalau doa ketika dalam keadaan kesakitan Allah kabulkan, maka Allah akan lebih memperhatikan doa seseorang saat senang, tambah Habib mengutip Hadits Rasulullah Saw.

Selain itu, dalam berdoa jangan cuma untuk diri sendiri, tapi Allah akan lebih mengutamakan kalau berdoa buat orang banyak atau secar jamak.
Habib Ja'far bin Yusuf As Segaff saat tausiyah di Masjid Al Falah Komplek Bumi Pemurus Permai Banjarmasin Selatan, usai Shalat Subuh Jumat (24/2/2023) (ANTARA/Syamsuddin Hasan)

Namun Habib kembali mengingatkan, selain doa, yang tidak kalah penting tetap harus ada usaha dan ikhtiar, bukan cuma sekedar menunggu.

"Memang segala sesuatu ketentuan Allah, seperti rezeki semua bintang melata sudah Allah atur/tentukan. Tapi kewajiban kita berdoa dan berikhtiar," demikian Habib Ja'far.

Habib Ja'far pengasuh Tasauf dalam pengajian rutin di Masjid Al Falah tersebut tiap usai Shalat Subuh Jumat.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023