Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, menyosialisasikan pengisian penilaian kuesioner kebijakan "Smart City" dan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) kepada masyarakat luas.

"Sosialisasi dilakukan untuk menunjang visi dan misi kepala daerah untuk mewujudkan tata kelola pemerintah berbasis elektronik," kata Kepala Diskominfo SP Tanah Bumbu Ardiansyah di Batulicin Kamis.

Baca juga: Diskominfo Tanah Bumbu minta masyarakat bijak gunakan medsos

Untuk memastikan program ini berjalan dengan baik, Ardiansyah mengatakan pihaknya juga mengevaluasi perkembangan terhadap aplikasi yang sudah dijalankan.

Sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, pemerintah daerah harus dapat maksimalkan dan mengintegrasikan aplikasi yang sudah ada. Artinya, tidak perlu tambahan aplikasi yang tidak digunakan.

Sementara itu, Kepala Bidang Aplikasi Informatika (Aptika) Christina Dewi Untari menambahkan sejauh ini Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) dan Reformasi Birokrasi acuannya berdasarkan SPBE.

"Saya berharap pelayanan terkait SPBE dapat ditingkatkan agar pelayanan di Kabupaten Tanah Bumbu benar-benar maksimal," ujar Christina.

Baca juga: Diskominfo Tanah Bumbu gelar sosialisasi ALP

Menurut dia, meskipun SPBE di Tanah Bumbu memiliki berperingkat B, Dikominfo tetap melakukan evaluasi SPBE agar lebih baik lagi.

"Dari hasil evaluasi ini, kami berharap bisa menjadi asesmen untuk program Smart City Kabupaten Tanah Bumbu," jelasnya.

Dalam acara sosialisasi itu dihadiri Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Badan Pendapatan Daerah, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan, Inspektorat, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, dan Bagian Organisasi Setda Kabupaten Tanah Bumbu.

Baca juga: Diskominfo SP Tanah Bumbu terapkan program kerja berbasis digital

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023