Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfo SP) Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan menerapkan program kerja berbasis digital.

"Salah satunya dengan memberlakukan pengisian buku berbasis elektronik atau digital," kata Kepala Diskominfo SP Tanah Bumbu Ardiansyah melalui Kasubag Umum dan Kepegawaian Muchyar di Batulicin.

Dia mengatakan, pengisian buku tamu digital ini sudah mulai diterapkan sejak 3 Januari 2022.

Keuntungan baku tamu sistem digital tersebut mempermudah bagi para staf atau pegawai dalam menyusun adminisrasi kepegawaian dan lebih tertata.

"Buku tamu digital ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk mencatat pengunjung serta melakukan manajemen data kunjungan ke Diskominfo Tanbu.," ujarnya melalui siaran pers.

Secara teknis, tamu yang datang ke Dinas Kominfo SP menscan barcode melalui Google Foto yang sudah disediakan.

Setelah discan muncul kolom yang harus di isi tamu. Seperti nama, NIP, instansi, tanggal dan jam kunjungan, keperluan, dan tanda tangan.

Data yang diisi akan masuk kedalam database Sekretariat Diskominfo SP Tanbu. Keberadaan buku tamu digital ini tentunya lebih efektif dan efesien, diantaranya yakni mengurangi kontak dengan benda atau orang lain disaat pandemi COVID-19.

"Bukan hanya itu, buku tamu digital juga lebih praktis penggunaannya," pungkas Muchyar.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022