Balangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, dikukuhkan sebagai Wakil Ketua Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) 2015-2020.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming terpilih sebagai Ketua Umum APKASI, dan sejumlah kepala daerah lainnya juga dilantik dan dikukuhkan dalam jajaran pengurus APKASI 2015-2020.

Bupati Balangan, H Ansharuddin Senin mengatakan, adanya APKASI tersebut merupakan sebuah kesempatan untuk menjalin koordinasi serta mempromosikan daerah tentang potensi-potensi bumi Sanggam dengan daerah lain.

"Apkasi merupakan sebuah wadah yang sangat trategis, oleh karenanya harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam menjalin koordinasi dengan daerah lain sekaligus mempromosikan apa-apa yang menjadi potensi daerah Balangan," ujarnya.

Kemudian ia berjanji, akan melaksanakan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya, karena jabatan tersebut merupakan sebuah kehormatan.

"Ini adalah sebuah kehormatan dan kepercayaan pada kita, dan akan kita laksanakan amanah ini dengan tanggung jawab penuh," ucapnya.

Ansharuddin menjelaskan, tugas dalam kepengurusan APKASI ini adalah menyusun dan melaksanakan rencana serta pengendalian kegiatan di Bidang LH dan Kehutanan berskala Nasional.

"Kita akan melakukan koordinasi baik internal maupun eksternal terkait dalam konteks LH dan Kehutanan, dan kedepannya kita akan berupaya mensinergikan program-program dalam APKASI ini dengan rencana Pemkab balangan, khususnya di bidang tersebut," ujarnya.

Ketua Umum APKASI, Mardani H Maming juga menyampaikan, dalam APKASI tersebut, bisa memberikan daerah peluang dan kerjasama, investasi pembangunan serta mendorong kemajuan daerah lewat pengelolaan sumber daya alam dengan terjalinnya komunikasi dan koordinasi dengan daerah lainnya.

Kegiatan pengukuhan dan pelantikan Dewan APKASI tersebut dirangkai dengan kegiatan pameran Apkasi Internasional Trade and Investment Summit (AITIS) 12th Indonesia Investment Week 2016.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, yang dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 2 - 7 Mei 2016.

Sementara itu acara pengukuhan dan pelantikan Dewan Apkasi sendiri dilaksanakan di Hall D, Jakarta Internasional Expo (JI-Expo) Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (5/5) oleh Kementerian Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016