Sekolah Menengah Atas (SMA) Plus Citra yang pertama kali mengunjungi "Rumah Banjar" atau Gedung DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kabag Persidangan, Hukum, Alat Kelengkapan Dewan (AKD)  dan Layanan Aspirasi Sekretariat DPRD (Setwan) Kalsel M Andri Yuzhar mengungkapkan itu di Banjarmasin, Rabu

Alumnus Sekolah Tinggi Pemerintahan itu mengaku, terharu atas kunjungan SMA Plus Citra atau sekolah swasta dari Kota Citra yang berkedudukan di Jalan A Yani km19 Kota Banjarbaru tersebut.

"Merasa bangga dan terharu karena ini kunjungan pertama ke DPRD Kalsel setngkat SMA melihat langsung, praktik dan  'room tour' yang menjadi tempat rapat musyawarah mufakat untuk menghasilkan suatu kebijakan guna kemajuan Banua," ujar Andri.

Pasalnya dari sejumlah SMA di Kalsel baru SMA Plus Citra mengunjungi Rumah Banjar, dan kunjungan mereka tidak sekedar berkunjung, tapi sambil belajar hal-hal yang berkaitan dengan kedewanan," ujar Andri mewakil Sekretaris DPRD (Sekwan) provinsi setempat, Muhammad Jaini.

Ia mendoakan dan berharap, siswa-siswi SMA yang berkunjung ke Rumah Banjar tersebut kelak di masa depan dapat mewakili masyarakat Banua sebagai anggota legislatif. 

Pada kesempatan itu pula, secara singkat Andri memaparkan tugas pokok dan fungsi (tupoksi)  Setwan Kalsel yang prinsipnya mempunyai kesamaan dengan Setwan kabupaten/kota.

Sedangkan tupoksi anggota DPRD bidang legislasi - pembentukan peraturan daerah, melakukan pengawasan, serta menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), tutur Andri.
Kunjungan SMA Plus Cinta dari Kota Banjarbaru ke DPRD Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarmasin, 21 Februari 2023. (ANTARA/HO- Humas Setwan Kalsel.)

Ketika menerima kunjungan siswa-siswi bersama Dewan Guru SMA Plus Citra itu, turut mendampingi Andri tersebut, Kabag Tata Usaha Setwan Kalsel Riduansyah.

Sementara itu saat kunjungan, 21 Februari lalu, salah seorang guru pengasuh mata pelajaran sejarah, Hasbullah SPd mengatakan, kunjungan mereka menjadi bekal berharga bagi anak didiknya yang sangat antusias ketika room tour ke beberapa ruangan di Rumah Banjar tersebut. 

"Pengalaman yang bisa menjadi pembelajaran siswa siswi SMA Plus CMI karena dari kunjungan ini mereka belajar banyak hal salah satunya apa tugas dan fungsi DPRD. Dan mereka juga diajak room tour ruang kerja Anggota DPRD dan lebih antusias lagi saat mereka melihat lihat ruang rapat paripurna," ujar Hasbullah.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023