Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry menghadiri silaturrahmi bersama Keluarga Besar Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Loksado, HSS, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dalam kegiatan ini, sekaligus bupati memberikan motivasi kepada para siswa dan siswi dalam menuntut ilmu, agar dapat meraih cita-cita yang diinginkan.

"Kami dari pihak sekolah berterima kasih sebesar-besarnya kepada bapak bupati, yang bersedia berhadir ke sekolah SMP Negeri 1 Loksado," kata Kepala SMPN 1 Loksado, Artani, di Loksado, Selasa.

Ucapan yang sama disampaikan kepada pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan, yang telah berupaya dan mengupayakan fasilitas pendidikan di SMPN 1 Loksado ini, sehingga menjadi lebih baik.

Masyarakat Loksado merasa senang dengan adanya sekolahan yang bagus, menurut dia, karena ini tidak terlepas dari perhatian dari Dinas Pendidikan HSS.

Baca juga: Pemkab HSS gratiskan penggunaan fasilitasi olahraga anak sekolah

SMPN 1 Loksado ini adalah sekolah yang berada di daerah pegunungan, dan satu-satunya SMP yang mewadahi untuk sekitar 10 sekolah dasar di Kecamatan Loksado dalam melanjutkan ke jenjang SMP.

"Karena itu, SMPN 1 Loksado kita ini memiliki peserta didik 227 orang siswa," katanya.

Bupati HSS, H. Achmad Fikry, mengatakan sesuatu yang sangat luar biasa di Loksado, semangat anak untuk sekolah cukup tinggi.

Ia berpesan, kepada seluruh siswa-siswi sekalian manfaatkan waktu yang ada untuk belajar, karena tugas mereka untuk belajar dan orang tua mencari nafkah.

“Belajar dengan sungguh-sungguh nanti setelah lulus dari SMP lanjutan ke jenjang lebih tinggi, silahkan pilih kalau meneruskan ke SMK ada di Loksado namun jika ingin SMA harus ke Kandangan,” katanya.

Diingatkan pula jangan ada putus sekolah, artinya setelah lulus SMP tidak melanjutkan sekolah lagi, usahakan dengan maksimal sekolah.

Baca juga: SMAN 1 Kandangan gelar karya bertema kearifan lokal P5

"Kalau ada kesulitan secara ekonomi nanti pemerintah akan merumuskan, supaya jangan sampai karena kendala ekonomi tidak bisa sekolah,” katanya.

Menurut dia, masa depan para siswa dan siswi ada di tangan mereka sendiri, maka dari itu kepada seluruh siswa yang ada di SMPN 1 Loksado agar belajar sungguh-sungguh.

Pihaknya juga telah melihat kondisi sekolah, dan bersyukur sudah diperbaiki dengan dana DAK provinsi dan sudah bagus sekali sekolahnya.

"Tinggal merawat dan memelihara dengan tanggungjawab bersama, jangan hanya paman sekolah namun kita semua," katanya.

Ditambahkan dia, tahun ini pemerintah akan membangunkan ruang laboratorium komputer, diharapkan siswa-siswi lebih bisa lagi menggunakan komputer karena ujian nasional sekarang menggunakan komputer.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023