Amuntai, (Kalsel.Antaranews) -Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan mulai merancang Program 'Smart City" atau kota cerdas.


Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Hamdani di Amuntai, Rabu, mengatakan, pihaknya sudah memulai mengembangkan Smart city dengan peresmian Gedung media center yang diresmikan Bupati HSU Abdul Wahid pada puncak Peringatan Hari jadi Kabupaten HSU ke 64 di Lapangan Pahlawan Amuntai.

"Adanya media center ini maka Program Smart city akan lebih mudah diketahui publik secara luas," ujar Hamdani.

Hamdani mengatakan, media center merupakan sarana informasi bagi masyarakat yang dikelola Dishubkominfo berupa siaran TV, website, informasi pemantauan cctv dan lainnya.

Dijelaskan, Program smart city akan dilaksanakan seperti pemasangan 10 buah cctv yang bisa akses masyarakat secara online dengan pusat kontrolnya berada di media center.

Dishub, lanjutnya, memasang layanan hotspot atau wifi gratis di beberapa lokasi pusat keramaian di Kota Amuntai seperti di tugu itik, Taman Puteri Junjung Buih dan kawasan 'car free day'.

"Utamanya kita akan membangun infrastruktur jaringan internet untuk semua instansi pemerintah sehingga kegiatan perkantoran menggunakan sistem E-elektronik," kata Hamdani.

Berdasarkan informasi dari Bappeda HSU, pihak Dishubkominfo telah menyampaikan expose rencana ini pasca musrenbang tahun ini dengan proyeksi alokasi anggaran sebesar Rp1,7 miliar.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016