Administratur PT Subur Agro Makmur (SAM), Martuah Nasution menggelar peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW tahun 2022, yang diikuti jamaah dari warga paguyuban di PT Subur Agro Makmur.

Ia mengatakan, terima kasih  kepada  para panitia  pelaksana dan takmir masjid, atas terlaksana acara ini dengan baik, ia berharap dengan dapat mengikuti  acara  dengan  baik  maka nilai peringatan dapat dilaksanakan  dalam  kehidupan sehari-hari. 

"Semoga dengan adanya kegiatan keagamaan dapat memberikan tuntunan dalam hidup bermasyarakat, dan menjadikan motivasi semangat  dalam bekerja," katanya, dalam keterangan, di Bajayau, Daha Barat, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Sabtu.
 
Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, di PT SAM, Bajayau, Daha Barat, Hulu Sungai Selatan,
 Kalimantan Selatan. (ANTARA/HO-PT Subur Agro Makmur)


Baca juga: Bupati HSS berharap PT SAM pertahankan sinergisitas bangun daerah

Penceramah kegiatan, Habib  Ali Zainal AbidinAbidin bin Muhdor, mengatakan Isra’ Mi’raj  Nabi Besar Muhammad  SAW  terjadi pada malam 27 Rajab pada 10 tahun kenabian.

Dijelaskan dia, terjadinya  setelah  kematian  paman nabi, Abu Thalib dan istrinya, Siti Khadijah yang melindungi  dan memberikan   motivasi atau dukungan dalam  mendakwahkan  Islam.  

Disamping itu,  ia menyampaikan  hikmah Isra Mi'’raj  ada  tiga, sebagai iktibar atau pelajaran  bagi  umat tentang bagaimana perjuangan Rasulullah  untuk  menyampaikan Islam dengan penuh kesabaran,  ketaqwaan kepada  Allah  SWT.  

Kedua, tunduknya  akal  kepada  wahyu,  sebab  banyak yang tidak  percaya, di antaranya  kafir  Quraisy yang menentang  tidak  benar nabi diperjalankan  dalam satu malam  dari  Masjidil haram  ke  masjidil  Aqsa.

Baca juga: UMK HSS mengikuti UMP Provinsi Kalsel naik 8,37 persen 

"Sebagaimana kita ketahui untuk yang  membenarkan peristiwa tersebut adalah Abu Bakar, dan senantiasa apa yang disampaikan Rasul adalah  benar,  sebagaimana  dalam Surat  Al Isra’ ayat 1," katanya.

Hikmah selanjutnya, yakni ibadah  sholat  lima waktu  sehari semalam  yang dibawa  nabi  pada  peristiwa  Isra’ Mi’raj, yang  wajib dilaksanakan bagi setiap  muslim.

Ditambahkan dia, sholat   adalah  mi’rajnya   hamba-hamba  Allah   dalam  berdialog  dan  meminta  kepada  Allah, untuk  itu agar ibadah sholat untuk dikerjakan dengan benar supaya  terhindar dari perbuatan keji.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023