Barabai, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tingkat Kabupaten HST Tahun 2016, bertempat di Taman Dwi Warna Barabai, yang dipimpin  Bupati HST, H Abdul Latif langsung bertindak sebagai inspektur upacara.


Hadir dalam upacara tersebut, Ketua DPRD HST, Unsur Muspida, para Kepala SKPD, Plt. Sekretaris Daerah, para pejabat struktural di lingkup Pemkab HST, PNS, guru, mahasiswa dan pelajar.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini mengambil tema "Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-Cita", yang berarti pendidikan benar-benar berperan sebagai pelita bagi setiap anak Indonesia yang akan membuatnya bisa melihat peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter, dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depannya.

"Adalah tugas kita semua untuk memastikan binar keingintahuan di mata setiap anak Indonesia, serta api semangat berkarya di dalam dirinya tidak akan padam.," katanya.

Selain itu, pemerintah juga harus  memberikan ruang bagi anak-anak Indonesia untuk berkontribusi, memajukan dirinya, memajukan masyarakatnya, memajukan kebudayaan bangsanya.

Rasa percaya dari orang dewasa kepada anak-anak untuk berkarya dan ikut membawa kebudayaan kita terus bergerak melangkah maju adalah kunci kemajuan Negara.

Menurut dia, meramalkan masa depan menjadi semakin sulit, karena ketidakpastian perubahan yang ada. Namun yang harus dipastikan kepada anak-anak kita adalah dengan memberikan dukungan sepenuhnya kepada mereka untuk menyiapkan diri meraih kesempatan yang terpampang di hadapannya.

"Salah satu dukungan yang perlu kita berikan pada anak-anak Indonesia adalah memastikan bahwa apa yang mereka pelajari saat ini adalah apa yang memang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jamannya.

Keterampilan utuh yang dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia di abad 21 ini mencakup tiga komponen yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi.

Latif juga mengucapkan terimakasih kepada semua guru-guru yang telah mendidiknya dulu sehingga seperti sekarang mampu menjadi Bupati HST.

"Saya berharap kepada seluruh tenaga kependidikan untuk kembali ke tugasnya masing-masing guna mencerdaskan anak-anak kita, dan saya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk mendukung program-program pembangunan kami guna kemajuan kabupaten HST,"katanya.

Usai apel, Bupati HST H Abdul Latif beserta para pejabat Muspida menyerahkan langsung Tropy dan penghargaan kepada guru-guru dan siswa-siswi yang memenangkan lomba yang digelar dinas pendidikan, diantaranya lomba Kepala dan guru serta pengawas berprestasi, lomba melukis, lomba bina kreatifitas siswa berprestasi, lomba cerdas cermat dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.



Pewarta: M.Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016