Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, mendapatkan insentif per bulan sebesar Rp300 ribu, naik dari sebelumnya Rp150 ribu.

"Hari ini kami selain membagikan seragam baru untuk para anggota Satuan Perlindungan Masyarakat, juga mengumumkan tahun ini insentif Satlinmas naik menjadi Rp300 ribu per bulannya," kata Camat Paringin Misrina Wati di Paringin, Rabu.

Ia menuturkan, para Satlinmas didorong untuk terus meningkatkan keamanan di lingkungan desa maupun kelurahan agar tidak terjadi kegaduhan dan kejahatan di lingkungan warga masyarakat.

Misrina juga mengarahkan kepada para kepala desa, agar di setiap desanya terdapat pos jaga atau poskamling untuk lebih meningkatkan kewaspadaan di sekitar, sehingga petugas linmas desa dan kelurahan bisa aktif dan dapat meningkatkan partisipasi warga dalam menjaga keamanan lingkungan. 

"Ke depan nanti kami juga akan melakukan pembinaan dan pendampingan kepada para linmas untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya,” tuturnya.

Sementara Kepala Satpol-PP Kabupaten Balangan Noor Aspariah, mengatakan secara administrasi satuan linmas ini berada di bawah koordinasi Satpol PP sedangkan di kecamatan melalui seksi ketentraman dan ketertiban.

"Tugas para linmas sendiri tentunya adalah menjaga keamanan lingkungan, yang diatur dari substantif baik jadwal kegiatan maupun program masing-masing serta kami juga ikut berperan dalam memberikan pembinaan dan pembekalan terhadap merek," kata Aspariah.

Sebelumnya diketahui, insentif Satlinmas sebesar Rp150 ribu dan dinaikkan menjadi Rp300 ribu dalam tahap pertama.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023