Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan terus berupaya menciptakan pemuda produktif berwirausaha melalui program penciptaan wirausaha baru.
 
Asisten ll Bidang Perekonomian dan Pembangunan, M Isa Ansari di Banjarmasin, Selasa, program penciptaan wirausaha baru menjadi visi dan misi wali kota dan wakilnya yang terus dilakukan.
 
Menurut dia, para periode pertama Wali Kota H Ibnu Sina sudah berhasil menciptakan 2.500 wirausaha baru. Pembinaannya terus dilakukan, khususnya bagi para pemuda yang bergabung di program ini.
 
Upaya untuk membina mereka ini, ungkap Isa yang juga Kepala Dinas Koperasi, UMK dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin, dengan pelatihan bimbingan teknik (bimtek) kewirausahaan.
 
Dengan mengambil tema "Wirausaha pemuda Baiman naik level", ungkap Isa, bimtek memberikan pengetahuan maupun wawasan agar mereka lebih produktif, tangguh, berdaya saing dan mandiri.
 
Sebab, ucap Isa, pemerintah kota juga memiliki program Bausaha Tanpa Bunga disingkat program BAHUMA bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
 
"Pemberian modal usaha ini dari Rp5 juta hingga Rp50 juta," paparnya.
 
Selain itu, ujarnya, Pemkot Banjarmasin juga memiliki Program Kawal Incubator bagi UMK yang mulai berkembang dan maju.
 
Menurut dia, banyak pemuda produktif yang bisa memajukan usahanya, sehingga terus dikawal agar bisa sukses.
 
"Keberhasilan pembangunan kepemudaan dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki keunggulan daya saing adalah salah satu kunci untuk membuka peluang demi keberhasilan di berbagai sektor kehidupan," ucapnya.
 
Baca juga: Banjarmasin tetapkan objek wisata kuliner Ramadhan 2023 di siring Menara Pandang
Baca juga: SPBE Banjarmasin raih nilai tertinggi se-kabupaten/kota di Kalimantan
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023